Info

Tiga Masalah Kesehatan di Indonesia, Nomor Tiga Sungguh Miris

Angka penderita yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak mencapai hingga 21 persen.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi kesehatan. (pixabay/qimono)
Ilustrasi kesehatan. (pixabay/qimono)

Himedik.com - Masalah kesehatan adalah salah satu dari sekian banyak permasalahan yang dialami baik negara maju maupun berkembang seperti Indonesia. Namun, beberapa permasalahan berikut menjadi sorotan karena banyaknya penderita. Apa saja?

1. Kesehatan mental

Rendahnya kesadaran mengenai masalah kesehatan mental nampaknya menjadi permasalahan yang cukup serius di Indonesia. Tak hanya masyarakat biasa, bahkan para artis juga telah banyak yang menjadi korban dan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena stres dan depresi.

Tercatat menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, hanya 9 persen penderita depresi yang menjalani perawatan medis dengan baik dan benar.

2. TBC

TBC atau tuberculosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia dan menular melalui udara. Meski biasanya menyerang paru-paru, TBC juga bisa menyebar ke kelenjar getah bening, tulang, jantung, sistem saraf pusat, dan organ lainnya.

Sifatnya yang sangat menular membuat penyakt ini menyumbang persentase besar terhadap masalah kesehatan di Indonesia.

3. Kesehatan ibu dan anak

Masih banyak ibu yang lebih memilih memberikan susu formula daripada ASI eksklusif pada bayinya. Alasannya mulai dari ASI tidak keluar hingga tidak ada waktu karena harus bekerja.

Padahal banyak manfaat luar biasa yang bisa diperoleh anak dan ibu dari memberikan ASI. Begitu pula masalah imunisasi serta tumbuh kembang anak.

Hal di atas masih sangat perlu diperhatikan karena memerlukan usaha ekstra untuk mengedukasi pentingnya ASI, imunisai, tumbuh kembang anak termasuk masalah gizi seimbang, infeksi penyakit menular, serta kesehatan psikis.

Tak hanya itu, kesehatan ibu selama masa kehamilan baik fisik maupun psikologis juga perlu mendapat perhatian. Pasalnya di Indonesia angka penderita yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak mencapai hingga 21 persen.

Jangan abaikan masalah kesehatan fisik maupun mental. Jika sakit maka segeralah berobat karena menyayangi diri sendiri sama pentingnya seperti kamu menyayangi orang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini