Info

Perhatikan, Jangan Salah Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Nomor 3 paling sering kamu lakukan.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

buah pisang rendah serat (shutterstock)
buah pisang rendah serat (shutterstock)

Himedik.com - Pernahkah kamu makan apel tanpa mengupas kulitnya? Jika iya, maka kamu sebaiknya harus mengubah kebiasaanmu. Makanan-makanan yang sehat sering dikonsumsi dengan cara yang salah.

Ini membuat nutrisi dalam makanan tersebut tidak dapat diserap oleh tubuh. Berikut beberapa kesalahan yang sering kamu lakukan ketika mengonsumsi makanan sehat.

1. Bawang putih

Sangat disarankan untuk tidak secara langsung memasukkan bawang yang sudah dicincang ke dalam wajan. Sebaiknya kamu menunggu sekitar 5 hingga 10 menit.

Manfaat bawang putih. (Healthline)
Manfaat bawang putih. (Healthline)

Bawang bisa menurunkan risiko kanker paru-paru dan mencegah penyakit jantung karena adanya kandungan alisin. Ini akan didapat oleh tubuh jika kamu mendiamkan selama beberapa menit.

2. Pisang

Pisang. (shutterstock)
Pisang. (shutterstock)

Menurut pakar kesehatan dan kebugaran Dr. Daryl Gioffre, jangan pernah mengonsumsi pisang secara polos. Misalnya kamu bisa mengonsumsi pisang bersama mentega almond. Hal ini berfungsi untuk membantu metabolisme kandungan gula pada pisang.

3. Apel

Apel. (pixabay)
Apel. (pixabay)

Mungkin kamu selama ini masih sering mengonsumsi apel tanpa kulit. Ini justru salah karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu kulit apel juga bisa mengurangi peradangan.

4. Kacang

Kacang-kacangan. (female)
Kacang-kacangan. (female)

Ketika kamu mengonsumsi kacang, alangkah baiknya jika merendamnya terlebih dahulu dan mengeringkannya sebelum dikonsumsi. Jangan mengonsumsi kacang mentah karena mengandung lektin dan asam fitat yang bisa membuat usus iritasi.

5. Bayam

Sayur bayam (pexels)
Sayur bayam (pexels)

Kombinasikan bayam dengan buah-buahan seperti jeruk jika kamu tidak ingin memasaknya. Bayam harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar kandungannya terserap dalam tubuh.

Itu tadi beberapa makanan sehat yang masih sering salah ketika dikonsumsi.

Berita Terkait

Berita Terkini