Info

Tak Hanya Cantik, Pohon Tabebuya Juga Punya Manfaat Medis lho

Pohon Tabebuya bermanfaat untuk mengurangi polusi udara.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Bunga Sakura. (pixabay/lizbetpalmer)
Bunga Sakura. (pixabay/lizbetpalmer)

Himedik.com - Belakangan ini bunga yang mirip seperti sakura sedang bermekaran di sepanjang jalanan di kota Surabaya. Dan fenomena ini tak luput dari pantauan warganet. 

Usut punya usut ternyata tanaman itu adalah pohon tabebuya. Tabebuia chrysotricha merupakan tanaman jenis pohon besar yang berasar dari Brazil.

Bunganya sangat mirip dengan sakura sehingga ada yang menyebutnya sebagai pohon sakura. Menariknya, ketika musim berbunga tiba hampir seluruh daunnya rontok dan berganti dengan bunga yang penuh warna.

Tak hanya warna pink, bunga tabebuya juga ada yang berwarna ungu, putih, dan kuning. Pohon ini sangat tahan panas, sehingga cocok ditanam di iklim tropis seperti Indonesia.

Selain mempercantik kota, ternyata pohon ini mampu mencegah banjir lho. Ini karena jenis akar tunggang yang dapat menyerap air berlebih.

Bunga Tabebuya yang mekar di Surabaya. (IG/@yudi_trist)
Bunga Tabebuya yang mekar di Surabaya. (Instagram/@yudi_trist)

Manfaat pohon tabebuya lainnya yaitu untuk mengurangi polusi udara. Sudah jelas ini sangat berguna karena di kota-kota besar seperti Surabaya memiliki tingkat polusi udara yang tinggi.

Asap kendaraan, pabrik, rokok, semuanya dapat mencemari udara dan jika terhirup akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Di antaranya gangguan pernapasan, kanker paru-paru, serangan jantung, bahkan kematian.

Untuk itulah saat ini banyak sekali tanaman pembersih udara yang ditanam di perkotaan karena selain cantik, tanaman tersebut juga menjaga penduduk sekitar terlindung dari racun berbahaya yang ada di udara.

Berita Terkait

Berita Terkini