Info

Empat Langkah Melancarkan Sirkulasi Darah Secara Alami

Berhenti merokok dapat melancarkan aliran darah.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sel darah. (pixabay)
Ilustrasi sel darah. (pixabay)

Himedik.com - Perlu kamu tahu di dalam tubuh terdapat sekitar 60.000 mil pembuluh darah. Bersama dengan jantung dan otot-otot lainnya, mereka membentuk sistem sirkulasi.

Jaringan tersebut membawa darah ke setiap sudut tubuh. Namun, ketika sirkulasi buruk, hal itu akan memperlambat atau menghambat aliran darah. Akibatnya aliran nutrisi dan oksigen ke sel-sel dalam tubuh juga tidak bisa berjalan lancar.

Supaya hal tersebut tak terjadi, berikut lima langkah melancarkan aliran darah tanpa bantuan medis.

1. Berhenti merokok

Semua jenis rokok termasuk rokok elektrik mengandung nikotin yaitu senyawa yang dapat merusak dinding arteri dan membuat darah kental. Untuk itu segera berhenti merokok jika tak ingin sirkulasi darah terganggu.

2. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Sekitar setengah dari komposisi darah adalah air. Usahakan setiap harinya minum cukup air supaya tetap terhidrasi dan aliran darah lancar.

Air putih. (pixabay)
Air putih. (pixabay)

3. Berdiri

Jika kamu duduk seharian di depan komputer, jangan malas untuk berdiri sesekali. Pasalnya duduk dalam waktu lama dapat melemahkan otot-otot kaki, memperlambat aliran darah, hingga darah menggumpal.

4. Kurangi daging dan makan lebih banyak sayuran

Hindari makanan sumber lemak jenuh seperti ayam dan daging. Sebaliknya perbanyak konsumsi buah dan sayur supaya berat badan terjaga, tekanan darah normal, kolesterol normal, dan arteri sehat.

Sebenarnya tidak sulit menerapkan pola hidup sehat. Pikiran kita sendirilah yang membuatnya terlihat rumit dan sulit.

Berita Terkait

Berita Terkini