Info

Peringati Hari AIDS Sedunia, Mari Ketahui Lebih Jauh Penyakit Ini

1 Desember merupakan hari AIDS sedunia.

Dany Garjito | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi HIV AIDS. (pixabay/Gwen_30)
Ilustrasi HIV AIDS. (pixabay/Gwen_30)

Himedik.com - Setiap 1 Desember selalu diperingati sebagai hari AIDS sedunia. Namun, hingga kini mungkin masih banyak yang bingung membedakan antara HIV dan AIDS. 

HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Akibatnya sistem imun akan menurun secara drastis dan memungkinan virus atau bakteri lain menyerang tubuh.

Sedangkan AIDS merupakan kondisi terparah dari penyakit HIV yang ditandi dengan munculnya penyakit lain seperti berbagai infeksi dan kanker.

Gejala HIV tak langsung terlihat karena munculnya memakan waktu selama 2 hingga 15 tahun. Gejala pertama yang muncul di antaranya sakit kepala, demam, sakit otot, berat badan turun, pembengkakan kelenjar di ketiak, tenggorokan, atau pangkal paha, lelah, dan demam.

Mengenai penularan HIV, nampaknya masyarakat perlu memahami lebih jauh lagi. Pasalnya masih banyak yang khawatir melakukan kontak fisik seperti berjabat tangan dengan penderita HIV.

Perlu diingat, HIV menular melalui hubungan seksual, menggunakan jarum suntik yang terkontaminasi HIV, dan kontak dengan darah. Sedangkan kontak sehari-hari seperti berjabat tangan, berpelukan, menyentuh, tidak akan membuatnya menular.

Hingga saat ini belum ada obat HIV dan AIDS. Hanya ada obat yang membantu memperlambat perkembangan penyakit. Seseorang yang terinfensi HIV akan memilikinya seumur hidup.

Menurut data WHO, ada sekitar 37 juta orang yang hidup dengan HIV. Namun, hanya 54 persen dari penderita yang menyadari bahwa mereka mengidap penyakit HIV AIDS.

Melihat gejala yang tak langsung muncul serta data banyak penderita yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap, maka tak ada salahnya untuk melakukan tes HIV terutama jika melakukan kegiatan yang berisiko HIV.

Berita Terkait

Berita Terkini