Info

Sambut Hari Difabel, Komunitas Give Your Heart Adakan Pentas Seni

Komunitas Give Your Heart menyelenggarakan Pentas Seni Inklusi di Plaza Pasar Ngasem, Yogyakarta

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Pentas Seni Inklusi. (doc. Give Your Heart)
Pentas Seni Inklusi. (doc. Give Your Heart)

Himedik.com - Dalam rangka menyambut dan memperingati hari difabel sedunia yang jatuh pada tanggal 3 Desember, Komunitas Give Your Heart menyelenggarakan Pentas Seni Inklusi di Plaza Pasar Ngasem, Yogyakarta pada tanggal 1 Desember 2018, berbasis charity event.

Ketua panitia sekaligus ketua komunitas, Vivi Apriliyani, menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mematahkan stigma negatif terhadap kaum disabilitas.

''Kegiatan ini untuk mematahkan stereotipe negatif terhadap penyandang disabilitas melalui interaksi langsung dengan penyandang disabilitas dan memaknai apa yang benar-benar menjadi kebutuhanya. Harapan ke depannya, baik dari pemerintah maupun masyarakat adalah dapat memaknai dan memenuhi kebutuhanya,'' jelasnya.

Dalam pentas seni, akan ada penampilan dari penyandang disabilitas dan seniman jogja. Lalu ada juga talkshow bertema 'Hak-hak Disabilitas: Menilik Kota Inklusi dengan Penyandang Disabilitas', bazzar makanan, industri kreatif, serta pameran seni karya penyandang disabilitas.

Tema talkshow tersebut diangkat berdasarkan dari hasil penelitian mengenai persepsi masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Bahwa selama ini syarakat hanya merasa kasihan terhadap penyandang disabilitas.

Padahal sebenarnya meraka hanya ingin diperlakukan sama seperti orang pada umumnya dan sikap masyarakat yang seperti itu malah membuat batasan serta penyandang disabilitas merasa tidak nyaman.

Berita Terkait

Berita Terkini