Info

Studi: Stres Dapat Diredakan dengan Mencuci Piring, kok Bisa?

Mencuci piring harus dilakukan dengan konsep mindfulness.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi mencuci piring. (shutterstock)
Ilustrasi mencuci piring. (shutterstock)

Himedik.com - Aktivitas mencuci piring memang diidentikkan dengan pekerjaan rumah tangga. Namun siapa sangka jika mencuci piring juga bermanfaat untuk meredakan stres

Ya, manfaat ini didapat dari sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Florida State University. Mereka menyebut mencuci piring yang dilakukan secara rileks dan santai, dapat memperbaiki mood dan mengurangi rasa cemas dan tegang.

Tak sekadar mencuci piring biasa, untuk bisa meredakan stres, mencuci piring harus dilakukan dengan konsep mindfulness yakni mencium aroma sabun, merasakan suhu air, dan menyentuh piring yang sudah bersih.

"Saya selalu tertarik dengan seberapa besar pengaruh konsep mindfulness terhadap pekerjaan rumah tangga sehari-hari, dan dampaknya kepada kondisi jiwa seseorang," tutur peneliti studi Adam Hanley dari FSU College of Education’s Counseling/School Psychology, dikutip dari Shape.

Hasil studi memperlihatkan bahwa mencuci piring yang dilakukan secara rileks dan santai dapat meningkatkan mood hingga 25 persen, dan mengurangi ketegangan dan rasa cemas hingga 27 persen.

"Nampaknya apapun pekerjaan rumah tangga yang dilakukan dengan rileks, santai, dan tenang, dapat memperbaiki pikiran yang sedang kacau," tulis peneliti lagi.

Sayangnya, studi ini dilakukan dalam skala kecil, hanya kepada 51 orang. Namun ke depannya, penelitian yang lebih besar bisa dilakukan dengan jenis pekerjaan tumah tangga lainnya yang dipercaya mampu meredakan stres.

Nah, itulah penjelasan soal studi yang menyebut manfaat mencuci piring dengan rileks dan santai dapat meredakan stres.

 

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Sedang Stres, Studi Sebut Redakan dengan Mencuci Piring

Berita Terkait

Berita Terkini