Info

Jangan Dikucek, Begini Cara yang Benar Jika Mata Kelilipan

Mengucek mata dengan tangan dapat menggores kornea.

Rauhanda Riyantama

Mengucek mata. (webmd.com)
Mengucek mata. (webmd.com)

Himedik.com - Mengucek adalah reaksi otomatis ketika mata kelilipan atau terpapar debu. Namun tahukah kamu bahwa mengucek mata justru membuat mata iritasi dan kemerahan, sehingga membuat bola mata menjadi kering?

Seperti diberitakan Suara.com dari laman Times of India, sensasi benda asing masuk ke dalam mata bisa terasa menyakitkan. Mengucek mata dengan tangan dapat menggores kornea. Kondisi inilah yang membuat mata terasa perih dan mengeluarkan cairan.

Penyebab lain yang memicu mata terasa gatal dan terdapat benda asing adalah peradangan kelopak mata. Dalam kasus seperti itu, pastikan untuk menjaga mata dalam kondisi bersih. Pada goresan mata yang ringan, gejalanya cenderung hilang dengan sendirinya setelah 24 jam.

Secara alami, mata memiliki pertahanan untuk melindungi diri dari debu atau kotoran yang masuk. Tapi jika kamu tidak tahan lagi, cobalah untuk mencuci mata dengan air biasa. Atau bisa juga membersihkan mata dengan tetesan larutan garam untuk mengeluarkan debu dan kotoran dari mata.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang memakai lensa kontak untuk mengurangi iritasi. Namun, jika kamu merasa mata sangat nyeri atau berair secara berlebihan, kamu harus segera konsultasikan ke dokter.

Suara.com/Firsta Nodia

 

Artikel terkait dimuat Suara.com dengan judul: Jangan Dikucek, Ini Cara yang Lebih Efektif Keluarkan Debu di Mata

Berita Terkait

Berita Terkini