Info

Kembangkan Robot Kaki Prostetik, Penyandang Disabilitas Terbantu

Salah satu kaki robot prostetik yang sedang dikembangkan adalah Ampro 3.

Rauhanda Riyantama

Robot kaki prostetik Ampro 3. (Pasadena Star)
Robot kaki prostetik Ampro 3. (Pasadena Star)

Himedik.com - Seiring semakin canggihnya teknologi, robot bukahlah hal yang mustahil lagi. Bahkan, kini telah dikembangkan robot khusus bagi manusia penyandang disabilitas.

Salah satunya adalah robot kaki prostetik yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Amber Lab, Pasadena, California, AS. Mereka berharap, robot ini dapat membantu manusia yang lumpuh atau cacat agar bisa berjalan seperti manusia normal lainnya. 

Melansir dari CNet, Dr. Aaron D. Ames, pemimpin Amber Lab mengatakan, pihaknya telah mengembangkan robot bipedal atau robot dua kaki. Serta robot semihumanoid yang berfungsi untuk membantu misi manusia di masa depan.

''Kita mungkin pernah melihat robot dari perusahaan Boston Dynamics yang mampu melompat atau menunjukkan aksi parkour. Namun robot di sini tidak demikian, mereka diprogram untuk membantu manusia,'' ungkapnya.

Dr. Aaron menambahkan, dengan melihat gerakan robot, para peneliti dapat menerjemahkan ke dalam perangkat yang nantinya dapat membantu para penyandang disabilitas. Bahkan, bagi orang yang tak dapat berjalan sekalipun. 

Salah satu kaki robot prostetik yang sedang dikembangkan adalah Ampro 3. Ini adalah robot kaki yang bertenaga, transfemoral (di atas lutut), dan dirancang khusus untuk penyandang disabilitas. 

Robot Ampro 3 gunakan algoritma khusus. (ResearchGate)
Robot Ampro 3 gunakan algoritma khusus. (ResearchGate)

''Ampro 3 akan memodulasi gerakan kaki sintesis berdasarkan seberapa cepat pemakaiannya. Jika berjalan cepat, maka robot ini juga bergerak mengikuti sang pemakai,'' jelas Dr. Aaron.

Selain itu, ada beberapa robot kaki prostetik yang dikembangkan oleh Amber Lab, yaitu Amber dan Cassie. Namun keduanya tidak diperuntukkan untuk penyandang disabilitas.

Dr. Aaron pun berharap, robot kaki prostetik seperti Amber 3 ini dapat diproduksi secara masal ketika sudah sempurna, sehingga bisa bermanfaat untuk manusia di masa yang akan datang. 

 

Artikel terkait dimuat Hitekno.com dengan judul: Robot Kaki Dikembangkan Ilmuwan, Penyandang Disabilitas Terbantu

Berita Terkait

Berita Terkini