Info

Tiga Hidangan Liburan yang Menyehatkan untuk Makan Malam Natal

Semuanya rendah kalori dan menyehatkan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi hidangan Natal. (pixabay/wirdefalks)
Ilustrasi hidangan Natal. (pixabay/wirdefalks)

Himedik.com - Natal dan tahun baru tinggal dua pekan lagi, liburan sudah di depan mata dan makanan pasti melimpah. Sayangnya, hidangan dalam sajian liburan cenderung tinggi kalori dan lemak, tapi rendah serat.

Jika dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas. Namun tenang, berikut ada rekomendasi tiga hidangan liburan yang menyehatkan yang sebenarnya juga kerap disajikan saat perayaan Natal.

1. Kalkun

Menurut seorang ahli gizi kuliner, Neda Varbanova, kalkun adalah salah satu sumber protein rendah kalori yang bisa disantap saat liburan. Namun, perhatikan prosinya.

Menurutnya, batas konsumsi harian untuk wanita adalah sebanyak 3 hingga 4 daging kalkun tanpa lemak, sedangkan pria, 6 hingga 7 ons. Jadi, mending ganti daging babi atau sapi dengan kalkun ya biar lebih sehat.

2. Cokelat panas

Eggnog merupakan minuman khas yang identik dengan perayaan Natal. Rasanya manis, karena dibuat dari kuning telur yang dikocok, dicampur dengan tambahan gula atau susu, dan air.

Cokelat panas. (pixabay/sharonang)
Cokelat panas. (pixabay/sharonang)

Namun, jika ingin lebih sehat sebaiknya lewatkan minuman ini. Sebagai gantinya sajikan cokelat panas karena cokelat mengandung antioksidan flavonoid yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Cornell University dan diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa cokelat memiliki dua kali lipat jumlah antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah dan tiga kali jumlah dalam teh hijau.

3. Jamur

Jamur merupakan sumber vitamin D yang mana selama musim dingin tiba, masyarakat di negara empat musim sering kekurangan vitamin tersebut. Jamur juga merupakan sumber protein nabati yang rendah lemak.

Tak hanya itu, selenium di dalamnya berperan dalam mencegah kerusakan sel dan jaringan, serta meningkatkan sistem imun.

Itulah rekomendasi tiga hidangan liburan yang menyehatkan untuk makan malam Natal. Tidak kalah menggiurkan bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini