Info

Sering Nyeri di Seluruh Tubuh? Mungkin Kamu Mengidap Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan gangguan medis jangka panjang yang menyebabkan nyeri di seluruh tubuh.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi nyeri di seluruh tubuh. (pixabay/typographyimages)
Ilustrasi nyeri di seluruh tubuh. (pixabay/typographyimages)

Himedik.com - Fibromyalgia merupakan gangguan medis jangka panjang yang menyebabkan nyeri, sakit, atau otot kaku di seluruh tubuh. Anehnya, ketika dilakukan tes lab atau X-ray, tidak ada apapun yang muncul.

Dokter yang mendiagnosisnya pun berdasarkan gejala dan 'ujian'. Gejala fibromyalgia berupa nyeri otot di seluruh tubuh, nyeri sendi, dan mati rasa atau kesemutan. Kelelahan, masalah tidur, kecemasan atau depresi juga mungkin akan dialami penderita.

Meskipun fibromyalgia tidak merusak sendi atau organ, rasa sakit dan kelelahan yang terjadi secara terus menerus dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Setidaknya sebanyak sekitar 5 juta orang Amerika mengalami gangguan ini.

Siapa pun dapat terserang fibromyalgia, tetapi wanita berisiko 10 kali lebih tinggi, terutama yang berusia 25 hingga 60 tahun. Dokter tidak yakin mengapa, tetapi beberapa peneliti percaya bahwa faktor genetika memainkan peran besar di sini.

Meski ada banyak teori, penelitian belum menemukan penyebab fibromyalgia yang pasti. Beberapa dokter percaya ketidakseimbangan hormon dan zat kimia dalam otak mengganggu cara saraf menandakan sakit.

Selain itu, peristiwa traumatis atau stres kronis juga dapat menjadi penyebabnya dan kebanyakan ahli setuju bahwa kemungkinan besar penyebab fibromyalgia adalah kombinasi dari beberapa hal di atas.

Maka dari itu, jika kamu memiliki gejala di atas segera temui dokter dan jelaskan rasa sakit secara rinci, termasuk letaknya dan seberapa sering itu terjadi. Juga beri tahu dokter tentang gejala lain, seperti kelelahan, masalah tidur, atau kecemasan.

Pasalnya diagnosis fibromyalgia tergolong cukup rumit karena dokter harus menguji sebanyak 18 tender points untuk hasil yang akurat. Tender points sendiri merupakan lokasi spesifik pada tubuh penderita fibromyalgia yang ketika ditekan akan terasa sakit.

Sedangkan mereka yang tidak menderita gangguan ini hanya akan merasakan tekanan. Selain itu, dokter mungkin juga akan melakukan tes darah serta tes pendukung untuk menyingkirkan kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Berita Terkait

Berita Terkini