Info

Lima Sajian Makanan Lezat yang Dapat Mengancam Kesehatan

Sepotong lumpia mengandung sebanyak 220 kalori dan 10 gram lemak.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Makanan lezat. (pixabay)
Makanan lezat. (pixabay)

Himedik.com - Menyantap makanan lezat memang sangat menggiurkan. Sayangnya, makanan tersebut cenderung tinggi lemak, kalori, dan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Sesekali memang tak ada salahnya, tapi sebaiknya kamu tetap waspada dengan sederet makanan lezat di bawah ini.

1. Nasi goreng

Hampir semua masyarakat Indonesia menyukai nasi goreng. Bahan utamanya adalah nasi putih yang digoreng bersama bumbu rempah dengan kecap asin.

Untuk mengurangi bahayanya, sebaiknya ganti nasi putih dengan nasi merah. Penelitian menunjukkan bahwa mengganti nasi putih dengan nasi merah dapat membantu melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Nasi goreng. (pixabay/sharonang)
Nasi goreng. (pixabay/sharonang)

2. Lumpia

Makanan yang disebut juga dengan telur gulung ini umumnya diisi dengan sayuran. Meski demikian, makanan lezat ini tetap saja tidak sehat.

Lumpia dibungkus dari kulit adonan yang dibuat dari tepung dan digoreng. Hasilnya adalah makanan tersebut mengemas lebih dari 220 kalori dan 10 gram lemak. Belum termasuk saus, mayonaise, atau semacamnya.

3. Babi asam manis

Biasanya bumbu makanan mengandung hingga 16 sendok teh gula, jumlah yang sama dalam 3 batang cokelat. Bahkan jika kamu membagi hidangan ini dengan seseorang, kamu masih cenderung mendapatkan lebih dari 800 kalori dan 48 gram lemak.

Babi asam manis. (pixabay/cegoh)
Babi asam manis. (pixabay/cegoh)

4. Crab rangoon

Kepiting menyajikan protein tanpa lemak dan hanya memiliki sedikit daging. Makanan ini dimasak dengan krim keju, dibungkus dengan adonan, dan digoreng yang cukup untuk membuat bom kalori dalam sekali gigitan.

5. Barbecue spare ribs

Makanan ini merupakan pilihan yang tinggi lemak. Di restoran Cina, dagingnya dilapisi saus barbekyu asin-manis.

Satu porsi barbecue spare ribs dapat mengemas 1,5 kali natrium dan 64 gram lemak. Serta memiliki lebih banyak gula daripada sekaleng soda.

Itulah lima makanan lezat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. So, hati-hati ya jangan terlalu sering menyantapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini