Info

Begini Komentar Dokter Mengenai Bahaya Cacing Pita pada Sushi

Cacing pita sepanjang 30 kaki itu dililitkan pada gulungan tisu toilet.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Cacing pita. (twitter/WebMD)
Cacing pita. (twitter/WebMD)

Himedik.com - Seorang dokter bernama Kenny Banh, MD, yang bekerja di ruang gawat darurat di Community Regional Medical Center, Fresno, California, AS, pada Agustus lalu menangani kasus cacing pita yang dibawa oleh pasien dengan panjang sekitar 30 kaki. Parasit tersebut dililitkan pada kertas penggulung tisu toilet dan ditaruh dalam kantong plastik.

Atas pengalamannya tersebut sang dokter menjelaskan bagaimana cara terbaik menghindari menjadi 'rumah' bagi cacing pita. Berikut petikan wawancara yang dilansir dari laman WebMD.

Pertanyaan: Pasien mengatakan bahwa dia adalah penggemar sushi. Cacing pita dimulai sebagai sesuatu yang sangat kecil pada ikan, bukan? Dan kemudian tumbuh menjadi sesuatu yang lebih besar di dalam tubuh manusia?

Dokter: Benar. Ini adalah siklus hidup yang menarik. Larva kecil mungil itu ada di otot daging sushi, dan sialnya itu adalah bagian yang kita makan. Itu tumbuh menjadi seperti yang kita lihat (cacing pita).

Pertanyaan: Pernahkah Anda menangani cacing pita sebesar itu?

Dokter: Saya telah banyak melihat cacing pita dan infeksi usus. Bagi saya, itu yang terbesar yang pernah saya lihat dan memecahkan rekor dunia dengan panjang 30 kaki.

Faktanya, parasit usus sering ditemukan di negara-negara dunia ketiga di mana tidak memiliki banyak air minum bersih. Ini sangat jarang di Amerika.

Pertanyaan: Jadi, apakah ini alasan untuk menjauh dari sushi? Apa yang bisa dilakukan seseorang untuk melindungi diri mereka sendiri?

Dokter: Ini cukup sulit karena di AS, sebenarnya sushi sekilas dibekukan dan itu seharusnya membunuh larva (cacing pita). Jadi yang paling penting adalah waspadai penanganan makanan di restoran tempat Anda makan.

Tidak masalah apakah itu sushi, sayuran, daging yang dimasak. Semua hal itu memiliki risiko. Penanganan yang tepat adalah hal utama.

Dari petikan wawancara di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa bahaya cacing pita sebenarnya tak hanya pada sushi, tapi semua makanan karena semuanya memiliki risiko, dan penanganan yang tepat dalam menyajikan makanan adalah hal yang paling utama untuk mengurangi risikonya.

Berita Terkait

Berita Terkini