Info

Harus Seberapa Sering Membersihkan Perabotan Rumah?

Haruskah setiap hari, seminggu sekali, atau sebulan sekali membersihkan perabotan rumah?

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)
Ilustrasi membersihkan rumah. (pixabay/pascalhelmer)

Himedik.com - Pernahkah kamu berpikir tentang seberapa sering seharusnya kita membersihkan barang-barang dalam rumah? Handphone, karpet, dapur, lantai, dan lain sebagainya merupakan tempat dan benda yang meninggalkan banyak kuman.

Nah, supaya kuman tak terjebak terlalu lama di sana, berikut telah dirangkum waktu untuk membersihkan benda rumah dilansir dari laman WebMD.

Kulkas

Sisa-sisa makanan di setiap rak kulkas dapat menimbulkan spora jamur. Untuk menghilangkan dan mencegah kuman tumbuh, kosongkan kulkas setiap tiga hingga empat bulan sekali.

Bersihkan seluruh sudut kulkas dengan larutan soda kue. Lalu bilas dan biarkan hingga kering sebelum mengisi kulkas lagi.

Lantai dapur

Bersihkan lantai dapur (menyapu dan mengepel) setidaknya setiap seminggu sekali. Namun, bersihkan setiap usai makan jika kamu memiliki anak atau ada tumpahan cairan yang bikin lengket lantai.

Ilustrasi alat pembersih. (pixabay/pixaline)
Ilustrasi membersihkan lantai dapur. (pixabay/pixaline)

Furniture rumah tangga

Cukup bersihkan perabotan rumah tangga setiap satu bulan sekali. Kecuali, jika ada tumpahan atau sesuatu yang membuatnya kotor maka harus segera dibersihkan saat itu juga.

Sikat gigi

Umumnya kamu bisa mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Namun, jika bulunya sudah terlihat mengalami kerusakan sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Handuk

Kebanyakan orang cenderung mencuci handuk jika sudah terlihat kotor. Padahal handuk seharusnya dicuci setelah tiga hingga empat kali pemakaian (mandi).

Ketika usai digunakan, gantung handuk basah di tempat yang terkena udara supaya tidak menimbulkan jamur atau bakteri.

Nah, dari kelimanya mana nih yang sudah kamu bersihkan dengan benar? Yuk, bersih-bersih supaya kuman melipir.

Berita Terkait

Berita Terkini