Info

5 Obat Pertolongan Pertama Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Mulai sekarang, tanam sendiri lidah buaya, kemangi, dan thyme di rumah ya!

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi kotak P3K. (pixabay/3dman_eu)
Ilustrasi kotak P3K. (pixabay/3dman_eu)

Himedik.com - Tidak ada seorang pun yang tahu, kapan dirinya akan sakit. Diperlukan sejumlah persediaan obat di rumah sebagai upaya pertolongan pertama jika penyakit menyerang.

Masalahnya, terkadang obat-obatan dari apotek menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang. Kita juga harus selalu teliti melihat tanggal kedaluwarsa obat.

Untuk itu, sebaiknya buat sendiri obat-obat pertolongan pertama. Melansir dari laman everydayhealth, berikut 5 obat pertolongan pertama alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

1. lidah buaya untuk kulit terbakar

"Lidah buaya adalah tanaman yang bagus untuk ditanam di rumah Anda," kata Trevor Cates, seorang dokter naturopati di Park City, Utah.

Tanaman lidah buaya. (pixabay)
Tanaman lidah buaya. (pixabay)

"Ini bagus untuk mengatasi kulit terbakar sinar matahari, luka bakar kecil, ruam ringan, dan bahkan luka ringan karena dapat menyembuhkan dan menenangkan kulit, serta juga memiliki efek pendinginan yang luar biasa," lanjutnya.

Caranya, potong sedikit tanaman, buka kulit luarnya sehingga nampak gel (daging lidah buaya), dan gosok langsung pada daerah yang terbakar.

2. Baking soda untuk sengatan lebah

Baking soda mungkin adalah produk serba guna. Tak hanya untuk bahan bahan dapur, kesehatan, dan kecantikan, baking soda juga bermanfaat untuk mengatasi sengatan lebah.

Trevor Cates mengatakan, cukup tuang baking soda ke telapak tangan, tambahkan air secukupnya hingga terbentuk pasta, dan letakkan di atas sengatan lebah untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Namun, jika orang yang tersengat memiliki alergi terhadap sengatan lebah dan mulai menunjukkan tanda-tanda anafilaksis yaitu reaksi alergi serius yang dapat menyebabkan pusing, wajah merah, panik ekstrem, bicara cadel, sakit parah, atau susah bernapas agar segera bawa ke dokter.

Baking soda. (pixabay/evitaochel)
Baking soda. (pixabay/evitaochel)

3. Madu untuk luka gores

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang berguna untuk megobati luka gores. Barbara Brownell Grogan mengatakan, untuk mengatasi goresan kecil, pertama-tama bersihkan area tersebut secara menyeluruh.

Kemudian campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok makan gel lidah buaya segar. Oleskan campuran ke luka, lalu simpan sisanya di lemari es dan gunakan kembali sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk luka berat yang lebih serius, disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional.

4. Kemangi untuk gigitan nyamuk

Dengan menggosokkan beberapa daun langsung ke area yang digigit nyamuk, dapat meringankan rasa gatal. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa minyak dari daun kemangi sebenarnya dapat bertindak sebagai pengusir nyamuk yang menggigit di siang ataupun malam hari.

Kemangi. (pixabay/tookapic)
Kemangi. (pixabay/tookapic)

5. Thyme untuk membersihkan luka

Satu lagi tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama. Thyme dikenal sebagai bahan herbal yang bisa jadi campuran makan.

Thyme. (pixabay/hans)
Thyme. (pixabay/hans)

Di samping itu, thyme juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Grogan mengatakan bahwa minyak dalam thyme ini memiliki efek antimikroba yang kuat.

Cara menggunakannya, yaitu didihkan secangkir air, lalu tambahkan satu sendok teh daun thyme kering dan biarkan campuran tersebut. Setelah dingin, oleskan pada kulit yang terluka dengan kain bersih.

"Gunakan untuk meningkatkan efek sabun ringan dan air untuk membersihkan luka," kata Grogan.

Itulah 5 obat pertolongan pertama alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Sangat mudah dan praktis bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini