Info

Bukan Olahraga, Ini 5 Kondisi Lain yang Bikin Tubuh Berkeringat

Makanan, minuman, stres bisa bikin suhu tubuh naik dan berkeringat.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi berkeringat saat olahraga. (pixabay/ElisaRiva)
Ilustrasi berkeringat saat olahraga. (pixabay/ElisaRiva)

Himedik.com - Keringat keluar ketika suhu tubuh naik. Saat suhu tubuh naik,  2 hingga 4 juta kelenjar keringat beraksi dan menghasilkan keringat.

Umumnya keringat keluar setelah kita melakukan kegiatan fisik yang cukup lama, seperti olahraga. Namun, 5 kondisi ini juga bisa bikin tubuh berkeringat lho. Berikut ulasan lengkap yang telah dirangkum dari laman WebMD.

1. Marah

Marah-marah akan membuat tubuh melepaskan hormon stres dan meningkatkan detak jantung serta tekanan darah. Akibatnya suhu tubuh naik dan tubuh berkeringat.

2. Sedang tertekan

Stres, cemas, malu, atau apapun yang membuat seseorang tertekan dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat. Umumnya bagian tubuh yang akan berkeringat adalah telapak tangan dan kaki.

ilustrasi post-holiday syndrome. (Pixabay/caio_triana)
ilustrasi stres. (Pixabay/caio_triana)

3. Makanan pedas

Makanan pedas memanipulasi tubuh kamu dengan mengganggapnya sebagai panas yang memicu reseptor saraf yang sama saat merespons panas. Itulah sebabnya mengapa kamu berkeringat saat menyantap makanan pedas.

4. Merokok

Nikotin memberi sinyal pada tubuh untuk melepaskan asetilkolin kimia yang mengaktifkan kelenjar keringat. Zat tersebut juga meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Sekarang sudah tahu kan mengapa tubuh menjadi lebih hangat saat merokok?

Ilustrasi merokok. (pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi merokok. (pixabay/Free-Photos)

5. Kopi

Kafein dalam kopi meningkatkan sistem saraf pusat dan mengaktifkan kelenjar keringat. Jadi, semakin banyak kamu minum kopi, semakin banyak tubuh berkeringat.

Keringat memang identik dengan hal jorok karena menimbulkan bau badan. Namun, berkeringat adalah cara alami tubuh untuk membuatnya tetap tenang.

Berita Terkait

Berita Terkini