Info

Mau Roti Lebih Awet? Begini Cara Menyimpannya

Perhatikan bagian dalam dan luar roti sebelum dimakan ya

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Roti yang dilapisi selai kacang. (pixabay)
Roti yang dilapisi selai kacang. (pixabay)

Himedik.com - Roti paling mantap jika dikonsumsi saat sarapan ditemani dengan teh atau susu, tergantung selera. Akan tetapi kita harus berhati-hati dengan roti yang kita makan.

Akan lebih baik jika sebelum membeli, kamu perhatikan tanggal kedaluarsanya. Hal ini untuk meminimalisasi adanya jamur pada roti.

Pasalnya, jika kita tak meneliti dengan baik, roti malah bisa bikin kita sakit perut atau masalah kesehatan lainnya.

Selan itu, hal lain yang menjadi perhatian sebelum makan roti adalah perhatikan bagian luar dan dalam roti. Lihat setiap irisan roti sebelum kamu mengonsumsinya.

Spora mudah untuk berkembang biak jika roti diletakkan pada tempat yang lembab, panas serta terang.

Untuk menghindari tumbuhnya jamur, disarankan agar meletakkan roti pada tempat yang jauh dari sinar matahari dan terlalu lembab.

Roti tawar. (pixabay)
Roti tawar. (pixabay)

Akan lebih baik jika meletakkannya di tempat yang kering dan sejuk. Jamur membutuhkan waktu kurang lebih lima hari untuk tumbuh.

Namun, perlu diingat bahwa roti dari pabrik dan roti bikinan sendiri memiliki daya tahan yang berbeda sehingga punya penanganannya masing-masing.

Beberapa hal ini harus kamu perhatikan jika ingin menyimpan roti yang dibuat sendiri atau yang dibeli tanpa bahan pengawet.

1. Beli roti yang belum dipotong. Pasalnya roti yang telah dipotong pasti telah terpapar udara lebih banyak. Ini memungkinkan adanya jamur yang tumbuh di permukaan.

2. Selanjutnya, letakkan dalam wadah tertutup dan simpan di tempat yang sejuk, jauh dari matahari atau di lemari es. Wadah yang tertutup rapat bisa menghindari spora tumbuh dan berkembang.

3. Roti bisa juga kita simpan di dalam freezer dan dikeluarkan saat kita membutuhkan.

Berita Terkait

Berita Terkini