Info

Ngeri! Kaki dan Dada Seorang Ayah Dibedah Akibat Sering Merokok

Segera hentikan kebiasaan buruk itu jika tak ingin bernasib sama dengannya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)
Operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)

Himedik.com - Rokok mengandung beberapa bahan kimia berbahaya yang bisa ancam kesehatan. Di antaranya adalah nikotin dan tar.

Nikotin berasal dari daun tembakau. Zat ini memang bisa membuat perasaan menjadi rileks, tapi sayangnya juga bikin kecanduan. Sementara itu, tar terdiri lebih dari 4.000 bahan kimia, yang mana 60 di antaranya bersifat karsninogenik.

Tak membawa manfaat apa-apa, rokok justru membawa penyakit bagi pecandunya. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh merokok di antaranya gangguan paru-paru, impotensi, dan serangan jantung.

Salah satu contoh perokok yang menuai 'hasil' tersebut adalah seorang ayah dari akun Facebook bernama Eva Pramudya. Dalam sebuah postingan tanggal 28 Desember 2018, sang anak membagikan kisah ayahnya yang harus operasi bypass jantung karena kebiasaan ayah yang sering merokok.

Operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)
Unggahan Eva tentang ayahnya yang operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)

"Boleh share kok, ga ush ijin, boleh tag juga ke orang yang masih merokok. Saya upload foto ini hanya untuk berbagi pengalaman, siapa tau yang masih menjalankan ritual bakar uang alias merokok bisa segera meninggalkan ROKOK," tulis Eva di akun Facebook-nya 'Eva Pramudya'.

"Akibat rokok, ayah saya harus menjalani operasi Bypass, operasi besar dengan waktu operasi 5 jam, dada dibelah, paru dibelah, setelah itu kaki juga dibelah untuk mengambil urat di kaki dan dipasang ke jantung, kurang lebih seperti itu."

"Belum lagi efek pasca operasi besar ini, banyak hal-hal mengerikan, kalau kata ayah setelah operasi penglihatannya tambah buram, masih bersyukur hanya penglihatan, ada yang pasca operasi 13 hari koma dan akhirnya meninggal."

"Saya doakan, semoga yang berniat berhenti merokok diberikan kemudahan oleh Allah untuk berhenti merokok, aamiin," tutup Eva.

Operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)
Operasi bypass jantung. (Facebook/Eva Pramudya)

Dikutip dari hellosehat, operasi bypass jantung merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan dengan memanfaatkan pembuluh darah dari bagian tubuh lainnya untuk menciptakan jalan pintas di sekitar arteri yang tersumbat, lantas mengembalikan aliran darah menuju jantung.

Operasi bypass mampu menyembuhkan gejala penyakit jantung koroner dengan cepat, termasuk angina (nyeri dada). Pasien umumnya bisa kembali beraktivitas seperti biasa selama 10-15 tahun, setelahnya mungkin memerlukan operasi bypass lainnya jika tersumbat lagi.

Namun, perlu diingat bahwa operasi bypass bukanlah obat. Jika pasien tidak mengambil langkah lain untuk mengendalikan penumpukan plak dalam arteri, operasi bypass akan bernasib sama dengan arteri asli.

Setengah bypass pembuluh vena akan tersumbat oleh plak dalam waktu 10 tahun. Jadi, segera perbaiki gaya hidupmu yang kurang sehat itu sebelum terlambat.

Berita Terkait

Berita Terkini