Info

Ini Alasan Pakai Botol Minum Berulang Kali Berbahaya Bagi Tubuh

Jangan pakai botol kemasan plastik lebih dari sekali ya.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Ilustrasi minum air dingin (shutterstock)
Ilustrasi minum air dingin (shutterstock)

Himedik.com - Untuk menghemat, tak sedikit dari kita yang menggunakan botol minum yang bisa dipakai ulang. Namun banyak juga yang menggunakan botol air minum kemasan sekali pakai.

Idealnya, botol air minum kemasan hanya digunakan sekali saja. Namun beberapa cenderung menggunakannya lebih dari sekali karena dinilai masih layak dan masih bersih.

Sayangnya anggapan ini keliru. Sebuah studi melakukan penelitian dari botol minuman dari 30 orang di sebuah pusat kebugaran. Mereka meneliti botol-botol yang telah digunakan dan yang belum digunakan sama sekali.

Periset menemukan adanya bakteri jenis Staphylococcus aureus dan E. coli pada botol yang sudah digunakan. Presentasenya sebanyak 27 persen dan 17 persen untuk masing-masing bakteri.

Hal ini diterangkan oleh Gilmar Weber Senna, Ph.D, profesor dari Federal University of State of Rio de Janeiro.

Ia menjelaskan jika penelitian ini dilakukan selama beberapa hari tanpa sepengetahuan responden. Tujuannya agar para peneliti bisa mendapatkan kondisi botol yang sebenarnya.

Botol BPA free. (shutterstock)
Botol BPA free. (shutterstock)

Penjelasan tersebut juga dibenarkan oleh profesor Mikrobiologi dan Patologi di NYU School of Medicine, Philip Tierno, Ph.D.

Pernyataan lain dari Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit bahwa Staphylococcus aureus juga ditemukan pada hidung 30 persen orang.

Namun untungnya ini tidak berbahaya. Begitu pun dengan E. coli yang terdapat pada usus. Bakteri ini membantu pencernaan secara tidak langsung.

Botol-botol yang kamu pakai bisa berisiko pada tubuh tergantung pada beberapa hal, misalnya daya imun tubuh dan jumlah bakteri.

Kamu mungkin tidak menyadari jika saat berada di pusat kebugaran kamu menyentuh baju atau wajahmu yang berkeringat. Otomatis bakteri dari permukaan tersebut bisa terbawa oleh tanganmu.

Kamu pun langsung meminum air dari botol minum tanpa mencuci tangan. Tentu ini bisa membawa jumlah kuman yang semakin banyak.

Akan lebih baik jika kamu mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu. Pastikan cuci tangan selama kurang lebih 20 detik pada bagian atas, telapak dan celah jari.

Berita Terkait

Berita Terkini