Info

Tidur Pakai Kipas Angin Tak Baik untuk Kesehatan? Begini Saran Pakar

Udara dingin bisa menyebabkan leher kaku di pagi hari.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi kipas angin - (Pixabay/Bru-nO)
ilustrasi kipas angin - (Pixabay/Bru-nO)

Himedik.com - Kondisi tubuh yang gerah kerap membuat tidur tidak nyenyak. Untuk itu, kipas angin pun dijadikan 'teman' sementara kita memejamkan mata.

Banyak orang bilang, tidur dengan kipas angin menyala tidak baik untuk kesehatan. Namun, dikutip dari LiveScience, seorang pakar tak sepenuhnya beranggapan demikian.

"Tidak ada yang merugikan dari kipas angin," kata Len Horovitz, ahli paru di Lenox Hill Hospital di New York City. "Tidak ada yang salah dengan sirkulasi udara," imbuhnya.

Di sisi lain, Horovitz menjelaskan, segala sesuatu yang menimbulkan pergerakan udara yang cepat, termasuk kipas angin, dapat menguapkan kelembaban dari mulut dan saluran hidung, sehingga menyebabkan kekeringan. Kipas angin juga bisa menyebarkan debu, yang tentu saja mengganggu, terutama untuk orang yang memiliki alergi.

Tak hanya itu, udara dingin juga dapat menyebabkan kontraksi otot, sehingga paparan udara dingin di malam hari dapat menyebabkan leher kaku di pagi hari.

Horovitz pun menyarankan, jangan meletakkan kipas terlalu dekat dengan Anda saat tidur dan jangan sampai tiupan anginnya mengarah langsung pada Anda. Untuk menjaga diri dari debu dan substansi lain yang menyebabkan alergi, Horovitz merekomendasikan Anda untuk memasang saringan udara di kamar tidur.

Selain itu, mencuci hidung sehari-hari dengan garam atau apa pun yang mengandung garam, menurut Horovitz, dapat mengatasi hidung kering, hidung tersumbat, dan masalah hidung lainnya.

Horovitz mengatakan, bahaya yang ditimbulkan dari kipas angin sebenarnya lebih ringan daripada AC yang dibiarkan menyala pada malam hari. Jika Anda tidur dengan AC menyala di malam hari, Horovitz mengatakan, sebaiknya udara tidak bertiup langsung ke arah Anda dan suhunya tidak boleh lebih rendah dari 20 derajat Celcius.

Berita Terkait

Berita Terkini