Info

Rambut Kering dan Berketombe? Pakai Jahe untuk Atasi 5 Masalah Ini

Jahe dipercaya penuh khasiat dalam Ayurweda India.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Jahe - (Pixabay/siala)
Jahe - (Pixabay/siala)

Himedik.com - Dikenal dengan sejuta manfaat, ternyata jahe tak hanya berkhasiat menyembuhkan penyakit. Dalam Ayurweda, atau ilmu kesehatan dari India, jahe sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata jahe juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut? Dihimpun dari Style Craze, berikut lima kegunaan jahe untuk kesehatan rambut:

1. Mencegah rambut rontok

Akar jahe segar mengandung magnesium, potasium, fosfor, dan vitamin, yang memberikan nutrisi pada folikel rambutmu dan menjadikan rambutmu kuat serta mencegah kerontokan.

2. Mengurangi ketombe

Ketombe dan kerontokan rambut sering kali berjalan seiring. Ini terjadi karena sel-sel kulit mati menyumbat folikelmu, sehingga menyebabkan rambut rontok.

Jahe memiliki khasiat antimikroba yang membantu mengendalikan ketombe dan diikuti dengan manfaat mengurangi kerontokan rambut.

Ilustrasi rambut - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi rambut - (Pixabay/Free-Photos)

3. Mengatasi kekeringan

Kekeringan menyebabkan rambut menjadi rapuh, dan ini menyebabkan kerusakan. Jahe berperan sebagai kondisioner alami, dengan mengatasi kekeringan dan mengembalikan kelembapan rambutmu.

4. Meningkatkan aliran darah

Bahan aktif jahe, gingerol, membantu mengendurkan pembuluh darah, dan dengan demikian meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini memungkinkan peningkatan nutrisi folikel rambut, sehingga tentu saja pertumbuhan rambut lebih cepat.

5. Memelihara rambut dengan asam lemak

Jahe juga mengandung rantai asam lemak seperti asam linoleat, yang menyehatkan rambutmu serta menjaganya tetap sehat dan kuat.

Akar jahe segar diketahui mengandung lebih banyak nutrisi penting yang membuatnya bermanfaat untuk perawatan rambut.

Jika menggunakan jahe secara langsung cukup merepotkan, kamu bisa memilih jahe dalam bentuk bubuk untuk pilihan yang lebih praktis. Namun, perlu diingat, beberapa produk bubuk jahe mungkin mengandung zat pewarna yang bisa meninggalkan warna kuning pada rambut yang tipis. Jadi, pertimbangkan dulu sebelum menentukan pilihan, ya.

Berita Terkait

Berita Terkini