Info

Manfaat Quercetin, Flavonoid yang Ada pada Buah Anggur

Sifat antioksidannya lebih kuat daripada vitamin C, vitamin E, atau beta karoten.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Anggur. (pixabay/Free-Photos)
Anggur. (pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Quercetin adalah salah satu flavonoid atau fitonutrien yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Selain anggur, buah yang mengandung senyawa kimia tersebut di antaranya ceri, apel, buah sitrus, dan beri.

Ada pula sayuran tomat, kubis, brokoli, dan bawang, serta teh hitam yang juga memiliki kandungan quercetin. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut beberapa manfaat quercetin untuk kesehatan.

1. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap stres dan cedera yang biasanya membantu tubuh pulih. Namun, peradangan kronis dapat berbahaya bagi tubuh.

Di sinilah manfaat quercetin, senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan. Satu studi pada hewan menemukan bahwa quercetin mencegah peradangan akut dan kronis.

Sementara itu, hasil penelitian pada manusia menunjukkan hasil yang beragam. Penelitian pada atlet pria yang sehat menemukan bahwa quercetin dapat mengurangi peradangan yang mana hal itu tidak memiliki efek yang sama pada wanita dengan rheumatoid arthritis.

Anggur dan apel. (pixabay/GhiblyCalimero)
Anggur dan apel, sumber quercetin. (pixabay/GhiblyCalimero)

2. Memerangi radikal bebas

Quercetin adalah antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin C, vitamin E, atau beta karoten.

Antioksidan sendiri berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit dan mempercepat penuaan.

3. Mencegah penyakit neurologis

Quercetin dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson. Selain faktor usia, penyakit tersebut juga bisa berkembang karena stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh. Sifat antioksidan dari quercetin dapat membantu melawan radikal bebas.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa quercetin dapat melindungi terhadap stres oksidatif. Itu juga menunjukkan quercetin dapat melindungi terhadap efek toksik dari logam tertentu pada sistem saraf.

Itulah tiga manfaat quercetin untuk kesehatan. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, rutin konsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas ya.

Berita Terkait

Berita Terkini