Info

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berobat ke Luar Negeri

Jika dihitung secara detail, pengobatan yang didapat bisa lebih murah.

Vika Widiastuti

Ilustrasi fasilitas rumah sakit. (pixabay)
Ilustrasi fasilitas rumah sakit. (pixabay)

Himedik.com - Tak sedikit orang yang memilih berobat ke luar negeri. Faktornya pun bermacam-macam, seperti pelayanan, peralatan medis yang lebih canggih, perawatan yang tak tersedia di negaranya, bahkan bisa jadi karena banyak promo penerbangan murah.

Meski begitu, tak sedikit orang beranggapan, berobat ke luar negeri adalah hal yang mahal dan menghabiskan banyak uang. Jadi, tak heran jika berobat ke luar negeri mayoritas dilakukan oleh masyarakat menengah ke atas.

Namun, dilansir dari GO.CARE, jika dihitung secara detail, pengobatan yang didapat bisa lebih murah, bahkan mungkin bisa hemat 50 persen. Tentunya, tergantung pada negara mana yang dituju, jenis pengobatan, dan apakah pasien menggunakan asuransi kesehatan atau tidak.

Pengobatan di negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan India biasanya cenderung lebih murah dibanding negara-negara di Benua Amerika dan Eropa.

Nah, sebelum memutuskan berobat ke luar negeri, menjadi hal penting untuk mengetahui rincian biaya yang akan dikeluarkan. Selain biaya pengobatan, kita juga harus memikirkan kebutuhan lain, seperti makan, akomodasi, dan transportasi.

Dirangkum dari GO.CARE, berikut hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pengobatan di luar negeri.

1. Pilih negara tujuan

Pilih negara yang dituju serta rumah sakit tempat berobat. Pilihan tersebut harus berkaitan dengan biaya pengobatan, akomodasi, dan transportasi yang akan dikeluarkan.

Namun, perlu diingat jangan memilih rumah sakit atau klinik demi mendapatkan biaya yang murah. Sebaliknya, pilihkan negara dan rumah sakit yang akan memberikan layanan yang optimal.

Setelah itu, catat kisaran harga yang ditawarkan negara, kota, dan rumah sakit yang akan dituju. Bandingkan pula harga tersebut dengan biaya makan, akomodasi, dan transportasi yang akan dikeluarkan.

2. Alasan berobat

Pastikan sudah berpikir matang-matang soal alasan pergi berobat ke luar negeri. Karena tak hanya memperhitungkan biaya pengobatan, Anda juga harus mempertimbangkan biaya makan, akomodasi, dan transportasi.

Bahkan mungkin akan ada biaya yang tak terduga sehingga bisa jadi Anda mengeluarkan biaya yang lebih besar. Namun, jika Anda sudah memikirkannya secara matang, tak ada salahnya untuk berobat ke luar negeri.

Ilustrasi tirai privasi rumah sakit. (pixabay/vitalworks)
Ilustrasi rumah sakit. (pixabay/vitalworks)

3. Pikirkan dua kali jika akan menggunakan paket khusus pengobatan

Pastikan Anda membaca dengan saksama soal paket yang ditawarkan pihak rumah sakit, apalagi jika pengobatan tersebut butuh tindakan operasi.

Hal itu karena, biaya pengobatan sebenarnya tergantung pada kondisi kesehatan pasien. Contohnya, jika pasien pulih sepenuhnya setelah operasi seharusnya dia tidak mengeluarkan biaya prosedur pascaoperasi. Jadi, lebih baik buat rencana biaya pengobatan sesuai estimasi biaya satuan rumah sakit daripada menggunakan paket.

4. Dapatkan biaya estimasi yang lengkap

Pastikan Anda mendapatkan estimasi biaya yang lengkap dari pihak rumah sakit. Terlebih dulu lakukan pencarian terkait prosedur pengobatan yang dibutuhkan. Kemudian minta estimasi biaya dari rumah sakit.

Selain itu, Anda harus memperhatikan ada risiko pascaoperasi yang mungkin terjadi. Jadi, tanyakan juga apakah biaya tersebut sudah termasuk kemungkinan melakukan prosedur pascaoperasi atau belum.

5. Biaya tambahan

Anda sebaiknya juga sudah mempersiapkan jika ternyata ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan. Situasi seperti biaya komplikasi pascaoperasi, kamar rawat inap, dan biaya obat-obatan, serta tindakan pengobatan tambahan akan membutuhkan biaya tambahan.

Berita Terkait

Berita Terkini