Info

10YearChallenge Pengaruhi Mental, Ini 4 Tips Antigalau karena Nostalgia

Bernostalgia dapat membuatmu merasa sedih.

Dinar Surya Oktarini | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi galau - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi galau - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Para pengguna Instagram sedang ramai-ramainya mengunggah foto mereka 10 tahun lalu yang disandingkan dengan saat ini. Tren ini dikenal dengan sebutan '10YearChallenge', yang oleh beberapa orang juga diketik menjadi '10YearsChallenge'.

Rupanya, seorang pakar mengatakan, tantangan ini memiliki efek positif dan negatif terhadap kondisi psikologis.

"Ada manfaat psikologis dari nostalgia," kata Hal McDonald, profesor sastra dan linguistik di Mars Hill University, kepada Thrive Global. "Ketika kamu melihat kembali masa-masa indah, ingatanmu memicu reward center (pusat imbalan, -red) di otak, sehingga kamu merasakan kesenangan, dan bahkan membawamu kembali ke masa itu."

Namun, McDonald juga menerangkan bahwa mengunggah foto nostalgia juga dapat membuat seseorang merasa lebih buruk. "Ada sesuatu yang disebut bias positif, yang membuat kita mengingat hal-hal dengan cara yang lebih positif, dan dapat membuat kita merasa lebih buruk karena kehidupan kita yang sekarang," ujar McDonald.

Dihimpun dari Thrive Global, Rabu (16/1/2019), berikut empat tips supaya kamu enggak galau saat bernostalgia lewat 10YearChallenge:

Tren 10YearChallenge di Instagram - Instagram
Tren 10YearChallenge di Instagram - Instagram

1. Pikirkan tujuan di masa depan

Mengunggah foto-foto bahagia dari 10 tahun yang lalu bisa membawa kita kembali ke masa di mana kita masih lincah, lebih sehat, dan bahkan lebih bahagia, jadi penting untuk diingat bahwa kita juga bergerak maju.

"Pikirkan hidup sebagai perjalanan ke depan," ungkap McDonald. "Ingatlah bahwa hal-hal baik di masa lalumu bisa terjadi lagi di masa depan.

2. Jadikan nostalgia sebagai cara agar untuk membuatmu lebih sehat

Dalam sebuah studi yang ditulis oleh ilmuwan perilaku Clay Routledge, para peneliti menemukan bahwa mengingat memori penuh kenangan dari sekolah menengah membantu orang dewasa merasa lebih muda daripada ketika mereka mengingat memori yang biasa.

Studi tersebut, subjek yang merasa lebih muda juga merasa lebih sehat, lebih percaya diri pada kemampuan fisik mereka, dan lebih optimis soal kesehatan mereka masa depan. Hasilnya membuktikan bahwa 'serangan' nostalgia sebenarnya dapat membuat kita merasa lebih muda, yang memiliki manfaat bagi kesehatan kita.

3. Pakai aspek sosial untuk kembali berhubungan dengan teman

"Nostalgia dapat membuat kita merasa kesepian, tetapi itu juga bisa dijadikan sebagai penghubung sosial," kata McDonald.

McDonald menyarankan, daripada fokus ke teman-teman yang telah lama hilang kontak denganmu, gunakan kenangan lamamu untuk menghubungi seseorang yang sudah cukup lama tidak kamu temui.

4. Fokus pada seberapa jauh pencapaianmu hingga kini

"Tidak masalah memiliki kenangan indah dan mengenangnya, tetapi yang paling penting adalah, kamu menyadari apa pencapaianmu sejak saat itu hingga kini," kata McDonald.

Berita Terkait

Berita Terkini