Info

Selain Turunkan Tekanan Darah, Ini Manfaat Lain dari Tertawa

Nggak rugi deh kamu tonton atau kumpul bareng teman-teman yang gokil!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi pasangan tertawa - (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi pasangan tertawa - (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Berbahagialah kamu yang suka tertawa meski dengan hal receh, apalagi tertawamu bisa membuat orang lain tertawa. Ya, selain bisa menurunkan tekanan darah, tertawa punya banyak manfaat lain.

Melansir dari medicaldaily, penelitian telah menemukan dampak positif pada aliran darah mereka yang tertawa pada beberapa bentuk komedi.

Menurut peneliti Jun Sugawara, tertawa juga bisa menimbulkan efek positif untuk jantung yang semakin sehat.

Tertawa juga bisa menghilangkan stres. Faktanya, satu penelitian mengaitkan tawa dengan berkurangnya tingkat tiga hormon stres - kortisol, epinefrin dan dopac. Hormon ini ditemukan menurun masing-masing 39 persen, 70 persen dan 38 persen.

Meskipun ini adalah efek jangka pendek, ada kemungkinan tawa dapat memainkan peran terapi dalam jangka panjang. Terapi tawa telah dipelajari sebagai alat manajemen stres, terutama bagi mereka yang menderita kecemasan dan depresi.

Sementara itu, tertawa juga bisa meningkatkan imunitas. Lee Berk dari Loma Linda University, California mengatakan kepada TIME bagaimana tawa juga dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih rendah dan aktivitas sel pembunuh yang lebih tinggi dalam tubuh.

Tertawa. (unsplash)
Tertawa. (unsplash)

Sel-sel ini membantu sistem kekebalan tubuh mempertahankan tubuh terhadap penyakit. "Hal yang sama ini juga terjadi ketika kamu tidur dengan benar, makan dengan benar, dan berolahraga," kata Berk.

Itulah sebabnya ia mengategorikan tawa sebagai gaya hidup sehat. Selain itu, tertawa juga bisa menghilangkan rasa sakit. Para peneliti percaya bahwa tertawa dapat melepaskan zat kimia otak atau endorfin dalam tubuh yang dapat meningkatkan kemampuan kita untuk menahan rasa sakit.

Kamu yang ingin membakar kalori, bisa coba tonton film atau membaca cerita lucu karena tertawa bisa membakar kalori hingga 40 kalori.

Menurut penelitian oleh Vanderbilt University Medical Center, tertawa sekitar 10 hingga 15 menit juga bisa melatih beberapa bagian tubuh seperti diagfragma, perut, dan bahkan otot-otot bahu.

Berita Terkait

Berita Terkini