Info

Blue Monday, Hari Ini 21 Januari Adalah Hari Paling Menyedihkan

Setiap minggu ketiga bulan Januari merupakan hari paling suram dan tertekan.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Jangan biarkan suasana mengganggu konsentrasi bekerja. (Unsplash)
Jangan biarkan suasana mengganggu konsentrasi bekerja. (Unsplash)

Himedik.com - Apa yang kamu rasakan hari ini? Senang ataukah sedih? Terlepas dari perasaan apa yang kamu rasakan hari ini, setiap minggu ketiga bulan Januari merupakan hari paling menyedihkan dalam setahun dan hari itu jatuh di tanggal 21 Januari.

Ya, hal ini telah diteliti oleh beberapa periset. Hari ini 21 Januari merupakan hari paling menyedihkan dengan suasana hati orang-orang yang terpengaruh oleh keuangan pasca Natal, cuaca yang buruk dan penantian musim panas.

Para peneliti telah menjuluki 21 Januari sebagai Blue Monday setelah menemukan orang-orang berada pada tingkat kesendirian mereka.

Tidak hanya itu, tingkat utang juga berada pada tingkat tertinggi dan cuaca tahun ini adalah yang terburuk.

Melansir dari dailymail, sebuah survei oleh Co-op menemukan bahwa 26% orang Inggris mengklaim bahwa bulan ini adalah saat mereka merasa paling terisolasi.

Kurang tidur bikin tubuh lelah. (unsplash)
Minggu ketiga bulan Januari merupakan hari paling suram dan tertekan. (unsplash)

Sementara itu, sebanyak 87% dari populasi juga merasa cuaca memiliki pengaruh langsung pada suasana hati mereka, menurut sebuah jajak pendapat dari LeoVegas.com.

Data lain menunjukkan dua pertiga atau sekitar 61% orang merasa tertekan dalam perjalanan mereka untuk bekerja. Manchester dan Leeds menduduki puncak daftar tempat-tempat yang terkena dampak ini.

Meskipun tidak ada ilmu sains di balik tanggal tersebut, Senin ketiga di bulan Januari merupakan hari paling suram di tahun ini.

Pada hari Senin, orang-orang cenderung tersenyum sebelum jam 11:16, mereka mengeluh selama rata-rata 34 menit dan tambahan 12 menit untuk hari lain, dan hampir setengah dari peserta perempuan menyebutnya 'Hari terburuk', menurut Toronto Sun.

Senin juga merupakan hari paling umum untuk mengalami serangan jantung atau stroke.

Sebuah perusahaan pariwisata di Inggris melakukan kampanye media mendorong orang untuk melakukan perjalanan keluar selama musim dingin ke iklim yang lebih hangat. Namun, di bagian dunia lain, Senin ketiga jatuh pada puncak musim panas, sehingga mungkin efek ini tidak terasa.

Berita Terkini