Info

Kebun Binatang Buat Gym Renang Khusus Reptil untuk Cegah Obesitas pada Ular

Ular dapat melakukan 'aerobik air' di sini.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi ular di Melbourne Zoo - (Instagram/@giacomomegale)
Ilustrasi ular di Melbourne Zoo - (Instagram/@giacomomegale)

Himedik.com - Ular yang lemah dan pemalas dinilai tak menarik untuk dilihat. Untuk itu, Melbourne Zoo telah menemukan cara untuk menjaga kebugaran reptilnya dengan menciptakan gym air, yang menurut mereka adalah yang pertama di dunia.

Bukan bertujuan untuk membentuk perut ular, gym air ini dibuat untuk menjaga binatang tak berkaki itu tetap sehat dan bahagia. Selain berguna untuk memandikan hewan, inovasi Melbourne Zoo ini juga bermanfaat untuk membuat binatang di sana mau bergerak.

"Banyak reptil adalah predator penyergap," kata penjaga, Alex Mitchell, kepada IFLScience. "Jika mereka tidak harus mengejar mangsa, mereka jadi diam saja dan cukup rentan terhadap obesitas."

Dimulai dengan mencoba membuat ular berenang dalam ember, Melbourne Zoo secara bertahap memberi peningkatan hingga menciptakan kolam renang untuk reptil itu, yang suhu airnya dikontrol dan disaring, sehingga penjaga bisa mengelola aliran air melalui tangki. "Itu semacam aerobik air untuk reptil," kata Mitchell.

Sebagian besar hewan di Melbourne Zoo biasanya berenang selama 4-5 menit. Begitu terlihat tanda-tanda kelelahan, mereka akan diangkat oleh penjaga. Sementara ular derik eastern diamondback lebih suka berlama-lama di dalam air.

Sayangnya, pengunjung tak bisa menonton aksi binatang di gym renang ini. Namun, pihak kebun binatang berharap ide ini menarik dan ditiru kebun binatang lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini