Info

Dokter Gia Pratama Ajak Pengikut Kurangi Duduk Terlalu Lama, Simak yuk!

"Yuk, kurangi duduk."

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi duduk terlalu lama. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi duduk terlalu lama. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Nama dr. Gia Pratama memang sudah lama dikenal banyak orang, tapi setelah kisah pertemuan dengan istrinya menjadi viral dokter ganteng itu kian menjadi sorotan.

Kali ini dalam cuitan akun twitternya @GiaPratamaMD ia mengunggah sebuah gambar bertuliskan 'Shocking Facts About Sitting' yang dibumbui dengan ajakan "Yuk, kurangi duduk."

Dalam foto yang ia unggah itu mengungkapkan fakta bahwa duduk terlalu lama dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius. Seperti kinerja otak menurun dan meningkatkan risiko diabetes.

Duduk lama dalam waktu dua jam juga menrunkan kadar kolesterol baik hingga 20 persen. Sedangkan jika duduk lebih dari 23 jam dalam seminggu dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Bahaya duduk terlalu lama. (Twotter/@GiaPratamaMD)
Bahaya duduk terlalu lama. (Twotter/@GiaPratamaMD)

Namun, tak perlu khawatir dokter Gia Pratama memberikan saran nih bagi mereka yang duduk terlalu lama, yaitu berjalan kaki setiap 20 menit.

"Untuk yang terlalu lama duduk, untuk menetralisir gangguan yg bisa terjadi, usahakan Setiap 20 menit duduk, berdiri dan berjalanlah sepanjang 20 meter dalam minimal 20 detik. Ini sangat amat membantu," tulisnya.

Nah tuh, jadi jangan malas peregangan ya. Soalnya duduk terlalu lama bisa membahayakan kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini