Info

Tiga Obat Eksim yang Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah

Kamu bisa manfaatkan gel lidah buaya atau oatmeal.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Oatmeal. (pixabay/cgdsro)
Oatmeal. (pixabay/cgdsro)

Himedik.com - Eksim merupakan kondisi peradangan kulit yang membuat kulit gatal, memerah, dan pecah-pecah. Tak perlu buru-buru pergi ke dokter, obat rumahan dan perawatan alami dapat menenangkan kulit kering dan gatal yang disertai eksim.

Dirangkum dari Medical News Today, berikut tiga bahan alami untuk mengobati eksim.

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya dapat melembapkan kulit, mengatasi peradangan, dan membasmi bakteri berbahaya. Orang-orang telah menggunakan gel lidah buaya selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit termasuk eksim.

Sebuah tinjauan sistematis tahun 2015 memaparkan bahwa gel memiliki sifat
antibakteri, antimikroba, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan penyembuhan luka.

Efek antibakteri dan antimikroba dapat mencegah infeksi kulit, yang lebih mungkin terjadi ketika seseorang memiliki kulit yang kering dan pecah-pecah. Sedangkan sifat penyembuhan luka dapat memperbaiki kulit yang rusak dan mempercepat penyembuhan.

Gel lidah buaya ini bisa kamu peroleh di apotek atau mengambil langsung gel dari tanaman lidah buaya.

Tanaman lidah buaya. (pixabay)
Tanaman lidah buaya. (pixabay)

2. Cuka sari apel

Belakangan cuka sari apel menjadi kian populer. Tak hanya untuk kecantikan, tapi juga untuk mengatasi gangguan kulit.

National Eczema Association (NEA) melaporkan bahwa cuka sari apel dapat membantu mengatasi kondisi ini (eksim). Namun, mereka merekomendasikan untuk berhati-hati, karena asam cuka dapat merusak jaringan lunak.

Belum ada penelitian yang mengkonfirmasi bahwa cuka sari apel mengurangi gejala eksim, tetapi ada beberapa alasan mengapa cuka sari apel bisa membantu.

Di antaranya karena cuka sari apel menyeimbangkan tingkat keasaman kulit dan melawan bakteri sehingga membantu menjaga kulit yang rusak tidak terinfeksi.

Cara menggunakannya, encerkan dulu cuka sari apel sebelum mengoleskannya ke kulit karena jika tidak dilarutkan dapat menyebabkan luka bakar kimiawi atau cedera lainnya.

Ilustrasi cuka apel (pixabay)
Ilustrasi cuka apel (pixabay)

3. Oatmeal koloid

Dikenal juga sebagai Avena sativa, dibuat dari gandum yang telah ditumbuk dan direbus untuk mengekstrak sifat penyembuhan kulitnya.

Sebuah studi 2015 melaporkan bahwa lotion oatmeal koloid memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat mengatasi kulit kering, kasar, dan gatal.

Cara mengobati eksim dengan oatmeal yaitu tambahkan oatmeal bubuk koloid ke dalam air hangat dan rendam. Pilih produk oatmeal koloid yang mengandung oat sebagai satu-satunya bahan dan hindari yang mengandung pewangi atau zat tambahan.

Sebagai informasi kamu dapat membeli oatmeal koloid murni dari toko kesehatan atau secara online.

Itulah tiga obat alami eksim yang dapat kamu racik sendiri di rumah. Semoga membantu.

Berita Terkait

Berita Terkini