Info

Ginjal Bermasalah, Pria Ini Lumpuh karena Kebanyakan Makan Pisang dan Jeruk

Dia makan 2,5 kg pisang dan 3 kg jeruk dalam seminggu.

Vika Widiastuti

Pisang. (shutterstock)
Pisang. (shutterstock)

Himedik.com - Kandungan vitamin dan zat yang baik dalam buah-buahan, memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Meski begitu, buah-buah pun harus dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang.

Seorang pria berusia 60-an tahun bermarga Wang dilaporkan baru saja dirawat di rumah sakit karena tiba-tiba merasa mati rasa dan mengalami kelumpuhan.

Melansir World of Buzz, Rabu (23/1/2019), Wang yang tinggal di Xi'an, China dibawa ke rumah sakit akibat lumpuh pada anggota tubuhnya. Para dokter di rumah sakit kemudian menyatakan, kondisi pasien serius dan memberi tahu keluarganya.

Saat dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut, mereka terkejut saat mengetahui kelumpuhan Wang ternyata terjadi akibat kebiasaan makan buah yang terlalu banyak, dilaporkan ET Today.

Wang mulanya berpikir, hal tersebut merupakan kebiasaan yang sehat, tetapi ternyata dia sudah berlebihan. Dia makan 2,5 kg pisang dan 3 kg jeruk dalam seminggu. Para dokter menemukan bahwa ini kemungkinan disebabkan oleh ginjal Wang yang tidak berfungsi dengan baik.

Buah jeruk. (pixabay/Alexas_Fotos)
Buah jeruk. (pixabay/Alexas_Fotos)

Buah-buah yang dikonsumsi Wang seperti jeruk dan pisang mengandung kalium tinggi sehingga sangat merugikan ginjal. Ginjal tak mampu membuang kelebihan kalium sehingga menyebabkan hiperkalemia atau kondisi saat kadar kalium dalam darah tinggi.

Hiperkalemia bisa menyebabkan otot lemas, bahkan dalam kasus serius bisa menyebabkan kelumpuhan dan gagal jantung, menurut Healthline.

Dokter juga menyarankan orang yang menderita gagal ginjal untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi potasium, seperti kentang, tomat, pisang, blewah dan sebagainya agar ginjal tidak terlalu banyak bekerja. Lakukan pula diet seimbang dan ingat dalam jumlah sedang ya.

Berita Terkait

Berita Terkini