Info

3 Alasan Kamu Tak Boleh Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari

Jangan dianggap remeh.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi makanan enak - (Pixabay/sandid)
Ilustrasi makanan enak - (Pixabay/sandid)

Himedik.com - Terlalu suka sama satu makanan terkadang bikin kamu terbiasa memakan itu tiap hari. Padahal, mengonsumsi makanan yang sama tiap hari itu enggak sehat, lo.

Meskipun makanan kesukaanmu itu sangat enak, kamu tak boleh mengonsumsinya tiap hari berturut-turut. Berikut 3 alasannya, dihimpun dari Reader's Digest:

1. Gangguan makan

Jangan diremehkan, kamu bisa terkena 'selective eating disorder' alias 'avoidant restrictive food intake disorder' (ARFID).

Kondisi ini dicirikan dengan penolakan terus-menerus terhadap makanan tertentu atau penolakan terhadap jenis makanan apa pun karena respons negatif pada warna, tekstur, atau baunya.

Konsekuensinya dapat berupa kekurangan gizi dan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Ilustrasi makanan enak - (Pixabay/RitaE)
Ilustrasi makanan enak - (Pixabay/RitaE)

2. Kekurangan energi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition menemukan bahwa wanita yang memakan makanan yang sama mengalami 'habituasi'. Hal ini menyebabkan penurunan asupan energi.

3. Kebosanan makanan yang serius

"Makanan harus menyenangkan! Itu harus menjadi sesuatu yang kamu tunggu," kata Wesley Delbridge, juru bicara the Academy of Nutrition and Dietetics. "Mengubah apa yang kamu makan membuatmu terpesona pada makanan baru dan resep baru, dan membantu mengembalikan kesenangan dalam makan."

Jangan menunggu sampai kamu bosan makan, baru mengubah kebiasaan. Mulailah ganti menu makananmu tiap hari.

Berita Terkait

Berita Terkini