Info

Garis Tangan Ahok BTP dan Puput Jadi Sorotan, Apa Kegunaannya pada Manusia?

Garis tangan terbentuk sejak manusia masih dalam rahim.

Tinwarotul Fatonah | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

BTP dan Puput menunjukkan garis tangan - (YouTube/osotv channel)
BTP dan Puput menunjukkan garis tangan - (YouTube/osotv channel)

Himedik.com - Garis tangan menjadi salah satu faktor mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP), yang dulunya akrab disapa 'Ahok', berminat meminang Puput Nastiti Devi. Ia menyampaikan hal itu saat meminta restu dari Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang alias OSO.

Permintaan restu itu ditayangkan di kanal YouTube osotv channel sejak Jumat (25/1/2019). Dalam video itu, BTP sempat membahas soal garis tangan jodoh.

"Eh datanglah temen. Biasa, orang Chinese, bilang, 'Garis tangannya harus sama.' Dia bilang gini, 'Mungkin lu akan jadi orang hebat, Hok, jadi orang kaya setelah keluar. Istrimu yang dulu itu enggak punya nasib dampingin'," jelas BTP. "Orang Chinese percaya, enggak bisa nerima itu hoki, makanya saya keras kepala ninggal. 'Makanya kamu harus cari sekarang yang bisa sama hoki dan kamu, garis tangan sama.' Maksudnya bukan garis ini sama, maksudnya itu, ya hidupnya."

BTP sendiri mengaku sempat tak percaya. Mantan suami Veronica Tan ini menganggap teori itu tak masuk akal.

"Mana ada garis tangan sama? Orang aja kiri-kanan bisa enggak sama. Enggak akal juga. Nah waktu tamu pergi, saya pikir, iya ya, seandainya kalau dia garis tangan sama sama saya, enak bener aku jawab orang," terang ayah tiga anak itu. "Kalau orang tanya, 'Kenapa pilih dia?' Alasan Djarot salah, alasan mak saya salah, coba kalu (alasan) garis tangan sama, itu berarti saya jawab enak dong. Aku tahu enggak mungkin sama. Aku enggak punya syarat ini. Ini syarat enggak masuk akal."

Namun, begitu bertemu dengan Puput, akhirnya BTP mengikuti saran temannya itu. Saat memperkenalkan Puput pada OSO pun ia dan calon istrinya tersebut memamerkan telapak tangan mereka.

Lalu, apa sebenarnya kegunaan garis pada telapak tangan manusia? Sebagian orang percaya masa depan bisa diramalkan melalui ilmu ramal telapak tangan atau palmistry.

Namun, secara ilmiah, garis-garis pada telapak tangan, atau palmar flexion creases, memiliki fungsi asli untuk membantu kulit tangan meregang dan menekan. Garis-garis ini juga dapat membantu mengidentifikasi kondisi medis tertentu, seperti dikutip dari Live Science.

Palmar creases mulai muncul sejak manusia masih berada dalam rahim pada usia kehamilan sekitar 12 minggu, dan garis-garis itu sudah ada pada tangan bayi ketika dilahirkan.

Berdasarkan keterangan National Institutes of Health, kebanyakan orang memiliki tiga lipatan menonjol di permukaan telapak tangan, tetapi kadang-kadang hanya ada satu lipatan.

Memiliki palmar crease tunggal bisa menunjukkan perkembangan yang tak normal. Kadang-kadang hal ini muncul pada bayi dengan kondisi seperti Down syndrome atau sindrom alkohol janin. Namun, dokter selalu mempertimbangkan beberapa faktor lain sebelum membuat diagnosis.

Ketebalan dan jumlah lipatan pada telapak tangan Anda juga tergantung pada faktor-faktor seperti sejarah keluarga dan ras.

Berita Terkait

Berita Terkini