Info

Berendam Air Panas Bisa Bakar Kalori, Ini Kata Peneliti

Berendam air panas dapat membakar lebih dari 100 kalori.

Vika Widiastuti

Ilustrasi berendam (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi berendam (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Sebuah penelitian mengungkapkan duduk santai sambil berendam air panas bisa membakar kalori. Dikutip SUARA.com dari Mirror, ini adalah temuan dari para ilmuwan di Universitas Nottingham Trent.

Menurut peneliti di sana, berendam air panas dapat membakar lebih dari 100 kalori.

Untuk membuktikannya, peneliti membandingkan hasil pembakaran kalori dari aktivitas berendam pada suhu air 40 derajat Celcius dan bersepeda selama satu jam.

Kelompok bersepeda ditemukan membakar lebih banyak kalori, tetapi mereka yang mandi air panas tetap kehilang sebagian kalorinya.

Peneliti juga menemukan mandi air panas dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap sehat dan meningkatkan kualitas tidur.

"Ketika Anda mandi air panas, tubuh Anda berusaha mencegah dirinya dari kepanasan. Ini dilakukan dengan memperlebar pembuluh darah untuk mencoba memindahkan sebagian panas dari darah ke atmosfer di sekitarnya. Perubahan ini kemudian berdampak pada tekanan darah, jadi untuk menjaga tekanan stabil, detak jantung juga meningkat," kata ahli fisiologi olahraga dari Universitas Nottingham Trent, Dr. Steve Faulkner.

Studi ini juga menemukan bahwa orang yang rajin melakukan sauna atau hot tub memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes yang lebih rendah.

Tapi meski hasil dan temuan ini menyenangkan bagi orang-orang yang benci pergi berolahraga, Dr. Faulkner tetap memeringatkan bahwa aktifitas fisik masih perlu dilakukan secara teratur.

"Ini bukan jalan pintas untuk kebugaran atau pengganti untuk berolahraga. Ini bisa meniru beberapa manfaat olahraga, tetapi tidak semuanya. Tetapi bagi orang yang tidak bisa berolahraga, mungkin karena kondisi kesehatan atau cacat tertentu, ini bisa menjadi pilihan yang berguna," demikian ditegaskan Dr. Faulkner.

SUARA.com/Risna Halidi

Berita Terkait

Berita Terkini