Info

Kasus DBD Meningkat di Indonesia, 4 Makanan Ini Dipercaya Bagus bagi Pasien

Makanan ini diklaim bisa meningkatkan jumlah trombosit.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi nyamuk demam berdarah - (Pixabay/FotoshopTofs)
Ilustrasi nyamuk demam berdarah - (Pixabay/FotoshopTofs)

Himedik.com - Kasus demam berdarah (DBD) tengah mewabah di Indonesia sejak akhir 2018. Bahkan di Kediri, Brebes, Sumatra Selatan, Sulawesi Utara, dan berbagai daerah lainnya, masing-masing belasan warga telah meninggal akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

Mengutip Suara.com, Selasa (29/1/2019), di DKI Jakarta telah tercatat lebih dari 600 kasus DBD pada Januari 2019. Kemenkes pun mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan menerapkan upaya 3M atau Mengubur, Menguras, Menutup.

"Mengubur barang bekas, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air," ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg Oscar Primadi di sela-sela peringatan Hari Gizi Nasional ke-59 di Jakarta, Jumat (25/1/2019).

Namun, jika Anda atau orang terdekat sudah telanjur terserang penyakit yang disertai nyeri sendi ini, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan jumlah trombosit agar kondisi segera pulih. Dihimpun dari NDTV, berikut empat di antaranya:

Ilustrasi trombosit - (Pixabay/10918156)
Ilustrasi trombosit - (Pixabay/10918156)

1. Daun pepaya
Ekstrak daun pepaya diklaim bisa meningkatkan jumlah trombosit. Dapatkan manfaat ini dengan cara menghancurkan daun pepaya dan memerasnya. Anda juga bisa merebus air dengan daun pepaya lalu meminumnya.

2. Brokoli
Brokoli adalah sumber vitamin K, yang membantu regenerasi trombosit darah, seperti dikutip dari NDTV. Jika pasien demam berdarah mengalami penurunan tajam dalam jumlah trombosit, brokoli harus dimasukkan dalam diet hariannya. Selain itu, brokoli juga kaya akan antioksidan dan mineral.

3. Buah delima
Delima kaya akan nutrisi penting dan mineral yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Delima juga merupakan sumber zat besi dan bermanfaat bagi darah. Buah ini bisa membantu mempertahankan jumlah trombosit darah normal yang penting untuk pemulihan pasien demam berdarah.

4. Bayam
Diberitakan NDTV, bayam adalah sumber zat besi dan kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi bayam dipercaya sebagai cara efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit.

Namun, perlu diketahui, hubungan antara empat makanan di atas dengan peningkatan jumlah trombosit belum terbukti secara ilmiah. Jadi, sebaiknya Anda tetap lebih memercayai saran dari dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini