Info

Manfaat Lain Minyak Kayu Putih yang Jarang Diketahui

Minyak kayu putih ternyata bagus bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Vika Widiastuti

Ilustrasi rambut lurus (pixabay)
Ilustrasi rambut lurus (pixabay)

Himedik.com - Masyarakat biasanya menggunakan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh, meredakan flu, dan sakit perut. Tak jarang pula digunakan untuk mengobati gatal

Ternyata tak hanya itu saja, masih ada beberapa manfaat minyak kayu putih lainnya. Minyak yang mempunyai wangi khas ini bermanfaat untuk kecantikan rambut dan kulit kepala.

Pohon kayu putih banyak ditemukan di Indonesia di bagian timur. Namun asalnya pohon ini dari Australia.

Minyak ini mengandung zat eucalyptol yang merupakan anti inflamasi, analgesik, atau pereda nyeri. Selain itu, minyak kayu putih mengandung aroma terapi dan anti jamur.

Ilustrasi argan oil. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi minyak kayu putih. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Kandungan baik itulah yang membuat minyak kayu putih ternyata bagus kesehatan rambut dan kulit kepala.

Langkah pertama, kamu harus mencuci rambut dan kulit kepala hingga bersih. Setelah rambut kering, kamu langsung aplikasikan kayu putih di kulit kepala.

Pijat selama 10-15 menit. Pijatan lembut yang kamu berikan tak hanya membuat minyak meresap lebih cepat, tapi juga mampu melancarkan peredaran darah di sekitar kepala.

Ilustrasi rosehip oil. (Unsplash/Tiara Leitzman)
Ilustrasi minyak kayu putih. (Unsplash/Tiara Leitzman)

Kemudian, diamkan selama 2 jam atau lebih. Setelah itu bilas dengan air dan bersihkan minyak dari kulit kepala dengan sampo.

Pemakaian minyak kayu putih untuk perawatan rambut dan kulit kepala bisa mengurangi serta menghilangkan ketombe akibat jamur.

(DEWIKU.com/ Kintan Sekarwangi)

Berita Terkait

Berita Terkini