Info

Bisa Picu Kematian, Ini Lima Tanda Reaksi Alergi Parah yang Perlu Diketahui

Reaksi alergi parah dapat menyebabkan anafilaksis.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bersin karena alergi. (Pixabay/cenczi)
Ilustrasi bersin karena alergi. (Pixabay/cenczi)

Himedik.com - Alergi umumnya menimbulkan reaksi seperti bersin, hidung tersumbat, mata gatal atau berair, gatal-gatal, dan ruam. Namun, reaksi alergi parah dapat menimbulkan efek yang lebih serius. Dirangkum dari WebMD, berikut lima di antaranya.

1. Mual, Muntah, Diare

Jika perutmu bereaksi sangat cepat setelah makan makanan tertentu, seperti mual, muntah atau diare itu bisa berarti tanda alergi. Itu bisa memburuk dengan cepat dan merupakan pertanda anafilaksis (reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian).

2. Anafilaksis

Reaksi alergi yang tiba-tiba dan parah ini dapat menyebabkan kematian jika tidak segera mendapat perawatan intensif. Tanda-tandanya termasuk kesulitan bernafas, kulit pucat atau biru, gatal-gatal, muntah, atau kecemasan.

Gejala dapat muncul dalam beberapa menit setelah kamu melakukan kontak dengan penyebabnya.

3. Tekanan darah rendah

Penurunan tekanan darah secara tiba-tiba membuatmu merasa lemas, bungung, dan sehingga membuatmu berpikir akan pingsan. Segera pergi ke dokter karena jika tekanan darah terlalu rendah akibatnya bisa serius.

Ilustrasi cek tekanan darah. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi tekanan darah rendah. (pixabay/rawpixel)

4. Bingung atau gelisah

Kedengarannya aneh, tetapi bingung atau gelisah juga merupakan tanda alergi makanan yang parah. Dokter berasumsi bahwa hal ini terkait dengan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba.

5. Dada terasa sesak

Terkadang dada tiba-tiba mengencang atau sakit saat bernapas. Begitu pula dengan tenggorokan. Hati-hati, itu adalah tanda umum dari alergi makanan yang parah.

Terlepas dari kondisinya yang parah atau tidak, jika kamu mengalami reaksi alergi segera pergi ke dokter atau minum obat alergi yang biasa kamu minum atau diresepkan oleh dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini