Info

Tak Hanya Ramah untuk Penderita Diabetes, Ini Manfaat Lain Buah Markisa

Buah markisa dikemas dengan profil nutrisi sehat dan beragam manfaat kesehatan.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah Markisa. (Pixabay/MissSuki)
Buah Markisa. (Pixabay/MissSuki)

Himedik.com - Buah markisa adalah buah ungu eksotis yang dikenal sebagai Passiflora, yang tumbuh di daerah beriklim hangat, termasuk Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan, dan India.

Dikemas dengan profil nutrisi sehat dan beragam manfaat kesehatan, orang-orang dapat memakan biji dan ampasnya, membuat jus, atau mencampurkannya dengan jus lain.

Dirangkum dari Medical News Today, berikut manfaat buah markisa untuk kesehatan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah markisa kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

2. Mendukung kesehatan jantung

Buah markisa ketika dimakan bersama bijinya, mengandung banyak serat, yang dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari bagian dalam pembuluh darah. Diet tinggi serat dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Selain itu, makan buah markisa dapat membantu menormalkan tekanan darah. Ini karena markisa rendah sodium dan kaya potasium yang mana membantu menurunkan tekanan darah.

3. Sumber antioksidan

Buah markisa kaya akan antioksidan, senyawa yang membantu membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga memainkan peran penting dalam menjaga sistem tubuh tetap sehat, termasuk meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf.

Senyawa ini juga mengurangi stres sel dan mengurangi peradangan dalam tubuh, yang mana keduanya berkaitan dengan penyakit jantung dan alzheimer.

Buah Markisa. (PIxabay/Huahom)
Buah Markisa. (PIxabay/Huahom)

4. Sumber serat yang baik

Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat adalah komponen penting dari setiap diet. Ini membantu mengatur sistem pencernaan, menjaga usus tetap sehat, dan mencegah sembelit.

Menurut American Heart Association, serat juga memiliki manfaat dalam mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Asupan serat yang direkomendasikan adalah 33,6 gram untuk pria berusia 19-30 dan 28 gram untuk wanita berusia 19-30.

5. Indeks glikemik rendah

Meski sebagian besar buah-buahan memiliki GI rendah, tapi American Diabetes Association memperingatkan bahwa melon dan nanas memiliki GI tinggi.

Nah, sebagai pilihan, santaplah buah markisa karena nilai indeks glikemik (GI) rendah. Ini berarti bahwa itu tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam setelah memakannya, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

6. Meningkatkan sensitivitas insulin

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam biji markisa dapat meningkatkan sensitivitas insulin seseorang. Meningkatkan sensitivitas insulin dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.

Tuh, banyak kan manfaatnya? Jadi, daripada makan buah yang itu-itu saja, coba sesekali santap buah markisa ya!

Berita Terkait

Berita Terkini