Info

Pelajari Hands-Only CPR, Prosedur CPR Tanpa Bantuan Napas

Menurut pengamat, Hands-Only CPR telah terbukti sama efektifnya dengan CPR yang disertai bantuan napas.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi prosedur CPR. (unsplash/rawpixel)
Ilustrasi prosedur CPR. (unsplash/rawpixel)

Himedik.com - CPR adalah singkatan dari cardiopulmonary resuscitation. Merupakan prosedur medis penyelamatan jiwa yang diberikan kepada seseorang yang mengalami serangan jantung.

CPR membantu memompa darah ke seluruh tubuh seseorang ketika jantung mereka tidak bekerja. Jika selama ini CPR dikenal dengan rangkaian kompresi dada dan pemberian napas buatan, ternyata ada metode Hands-Only CPR, yaitu CPR tanpa bantuan napas.

Tentu saja bantuan tersebut terlihat lebih mudah untuk dipelajari sehingga jika melihat remaja atau orang dewasa pingsan, kita dapat menolongnya dengan melakukan Hands-Only CPR. Berikut panduan melakukan Hands-Only CPR yang diperoleh dari American Heart Association.

Pertama, hubungi bantuan medis darurat.

Kedua, lakukan kompresi dada. Caranya, dorong keras dan cepat di bagian tengah dada minimal sebanyak 100 denyut per menit.

Ketiga, jangan berhenti sebelum bantuan medis datang.

Mengapa harus mengetahui dan mempelajari Hands-Only CPR?

Sebanyak 70 persen dari semua kasus penyakit jantung terjadi di rumah. Jadi, Hands-Only CPR akan memungkinan kamu menyelamatkan nyawa seseorang.

Terlebih menurut pengamat, prosedur medis tersebut telah terbukti sama efektifnya dengan CPR yang disertai bantuan napas.

Jadi, alangkah baiknya kita pelajari langkah pertolongan pertama pada penderita penyakit jantung sebagai upaya meningkatkan peluang hidupnya sebelum bantuan medis datang.

Berita Terkait

Berita Terkini