Info

Selain Wortel, Ini Empat Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Kamu yang tak suka wortel, coba beralih ke paprika, labu, ubi jalar, atau ikan salmon untuk menjaga kesehatan mata.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Buah labu. (pixabay)
Buah labu. (pixabay)

Himedik.com - Selama ini wortel diyakini sebagai salah satu makanan yang baik untuk kesehatan mata. Padahal menurut Scientific American, walaupun mengandung vitamin A, kandungan beta-karoten pada wortel bukanlah sumber vitamin A terbaik.

Meski demikian, bukan berarti makan wortel itu sia-sia. Nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap memberikan manfaat bagi tubuh kok.

Hanya saja, melansir dari WebMD, beberapa makanan berikut ternyata juga berperan dalam menjaga kesehatan mata. Bukan karena kandungan vitamin A, melainkan nutrisi lain yang berkaitan dengan kesehatan mata. Berikut ulasan lengkapnya.

Paprika merah mentah

Paprika memberi asupan vitamin C paling banyak per kalori yang mana bagus untuk pembuluh darah di mata, dan ilmu pengetahuan menunjukkan hal tersebut bisa menurunkan risiko terkena katarak.

Sayangnya, suhu panas akan memecah vitamin C. Jadi sebaiknya konsumsi dalam keadaan mentah. Namun, tak hanya vitamin C, paprika berwarna cerah juga mengemas vitamin A dan E yang bagus untuk kesehatan mata.

Paprika. (pixabay/Nikiko)
Paprika. (pixabay/Nikiko)

Ubi jalar

Buah dan sayuran berwarna oranye, seperti ubi jalar, wortel, blewah, mangga, dan aprikot, kaya akan beta-karoten, yaitu bentuk vitamin A yang membantu menjaga penglihatan. Satu ubi jalar juga memiliki lebih dari setengah vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari dan sedikit vitamin E.

Ikan salmon

Retina mata membutuhkan dua jenis asam lemak omega-3 agar berfungsi dengan benar yaitu DHA dan EPA. Nutrisi tersebut dapat ditemukan pada ikan berlemak, seperti salmon atau tuna.

Selain itu, omega-3 juga melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia (AMD) dan glaukoma.

Labu

Tubuh tidak bisa membuat lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang berperan dalam menurunkan risiko degenerasi makula. Namun, kamu bisa mendapatkannya dari labu.

Labu musim panas mengandung vitamin C dan seng. Sedangkan jenis musim dingin akan memberimu vitamin A dan C serta asam lemak omega-3.

Itulah empat makanan yang membantu menjaga kesehatan mata selain wortel. Dari keempatnya mana nih yang jadi favoritmu?

Berita Terkait

Berita Terkini