Info

Tiga Cara Alami Membersihkan Paru-paru, Cobain yuk!

Supaya saluran pernapasan lancar cobalah sesekali melakukan terapi uap.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bernapas. (Pixabay/alfcermed)
Ilustrasi bernapas. (Pixabay/alfcermed)

Himedik.com - Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia. Tanpa paru-paru yang sehat, kondisi tubuh manusia juga akan terganggu tentunya.

Masalahnya, organ satu ini rentan terkena paparan polusi seperti asap rokok atau polusi udara lainnya yang dapat merusak paru-paru. Menurut WHO yang dilansir dari Medical News Today, paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun.

Nah, supaya paru-paru tetap sehat berikut telah dirangkum cara membersihkan paru-paru secara alami.

1. Terapi uap

Terapi uap atau inhalasi uap dilakukan dengan cara menghirup uap air yang bertujuan untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir.

Uap menambah kehangatan dan kelembapan udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran pernapasan dan paru-paru. Serta, menghirup uap air dapat membantu seseorang bernapas lebih mudah.

Hal ini telah terbukti dari sebuah penelitian kecil yang melibatkan 16 pria dengan penyakit paru obstruktif kronik (COPD), suatu kondisi paru-paru yang membuat penderita lebih sulit untuk bernafas.

Humidifier. (pixabay/Tiluria)
Humidifier, pelembap ruangan. (pixabay/Tiluria)

Hasilnya menemukan bahwa terapi masker uap menyebabkan detak jantung dan tingkat pernapasan secara signifikan lebih rendah daripada terapi masker tanpa uap. Sayangnya, para peserta tidak melaporkan peningkatan yang berkelanjutan dalam fungsi pernapasan mereka.

Jadi, terapi ini mungkin merupakan solusi sementara yang efektif, tetapi para peneliti perlu melakukan lebih banyak penelitian sebelum mereka sepenuhnya memahami manfaat terapi uap pada kesehatan paru-paru.

2. Berolahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang, termasuk mengurangi risiko banyak kondisi kesehatan, seperti stroke dan penyakit jantung.

Hal ini karena olahraga memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot.

Ini juga meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan karbon dioksida yang dihasilkan tubuh saat berolahraga.

Tubuh akan mulai beradaptasi untuk memenuhi tuntutan olahraga teratur. Otot-otot akan belajar menggunakan oksigen lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.

Meskipun berolahraga mungkin lebih sulit bagi orang dengan kondisi paru-paru kronis, mereka juga dapat memperoleh manfaat dari olahraga teratur. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Ilustrasi olahraga (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi olahraga (Pixabay/Free-Photos)

3. Teh hijau

Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi teh hijau. (pixabay/rawpixel)

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya menghirup asap.

Sebuah studi baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum.

Itulah tiga cara alami membersihkan paru-paru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Berita Terkait

Berita Terkini