Info

Bukan Sekadar Gaya, Ini Manfaat Menggunakan Kacamata Hitam di Luar Ruangan

Namun, kata dr Budi jangan asal pilih kacamata hitam.

Vika Widiastuti

Ilustrasi kacamata hitam (Pixabay/Counselling)
Ilustrasi kacamata hitam (Pixabay/Counselling)

Himedik.com - Bukan sekadar untuk gaya atau menyempurnakan penampilan, menggunakan kacamata hitam di luar ruangan juga bermanfaat untuk kesehatan, terutama mencegah risiko katarak

Pasalnya disampaikan Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM(K), Kepala Bedah Refraktif JEC, Direktur Utama JEC Menteng, kini katarak tak hanya dialami usia tua tapi juga bergeser ke usia muda. Alasannya karena paparan sinar ultraviolet saat berada di luar ruangan.

"Selain usia, sinar ultraviolet juga dapat meningkatkan risiko katarak. Kalau nggak pakai sunglasses saat terpapar sinar matahari misalnya saat bermain golf atau naik kendaraan bermotor itu bisa katarak usia muda," ujar dr Budi dalam temu media di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Hal ini diungkapkannya karena mulai banyak pasien usia muda yang sudah terkena katarak. Padahal menurut dia umumnya katarak terjadi pada usia 60-an.

Ilustrasi lelaki berkacamata hitam (Shutterstock).
Pakai kacamata hitam di luar ruangan untuk cegah katarak. (Shutterstock).

"Usia 40 tahun sudah operasi karena aktivitasnya di luar tapi jarang pakai sunglasses. Dulu usia katarak mulai 60-an, tapi sekarang sudah kepala lima. Jadi pastikan kalau keluar ruangan pakai kacamata yang ada filter UV-nya," imbuh dia.

Namun kata dr Budi jangan asal pilih kacamata hitam. Pilihlah yang memiliki filter anti UV agar benar-benar menghalau mata dari sinar ultraviolet.

"Biasanya pada kacamata biasa jarang yang ada filter UVnya. Lebih bagus yang memang anti UV-nya bagus," tandas dia. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini