Info

Ngeri! Sering Gunakan Tanning Bed, Wanita Ini Terkena Kanker Kulit

Ia mengaku sering menggunakan tanning bed, hingga akhirnya muncul bintik hitam di dahinya.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Berjemur. (Pixabay/TerriC)
Berjemur. (Pixabay/TerriC)

Himedik.com - Kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang berperan sebagai pelindung. Layaknya organ vital lain, kulit harus diperhatikan kesehatannya jika tak ingin terserang penyakit, termasuk kanker kulit.

Sayangnya, seorang wanita dari Texas mengalami hal tak mengenakkan mengenai kulitnya. Dilansir dari Boldsky, pada tahun 2015, Bethany memiliki bintik hitam yang muncul di kulitnya saat dia hamil dan itu adalah awal dari masalahnya.

Tak menaruh curiga, Bethany berpikir bahwa noda hitam yang ditemukan di dahinya disebabkan oleh perubahan hormonal saat hamil. Namun, ternyata setelah dilakukan pemeriksaan itu adalah kanker kulit.

Ketika dokter kulit memeriksa titik hitamnya dan menganalisis hasil tes, ditemukan bahwa Bethany menderita bentuk melanoma yang invasif dan agresif dan dia harus segera dirawat.

Penyebabnya adalah terpapar radiasi yang berlebihan dari tanning bed atau matahari, sehingga sel-sel kulit menjadi abnormal, dan mereka mulai tumbuh tak terkendali.

Tanning bed. (Pixabay/Gerlach)
Tanning bed. (Pixabay/Gerlach)

Sementara dalam kasus yang dialami Bethany, penyebab kanker kulit itu akibat penggunaan tanning bed yang berlebihan.

Dia menjalani perawatan imunoterapi untuk menyembuhkan kanker yang dideritanya. Beruntung, saat ini ia sudah dinyatakan bebas kanker.

Semoga apa yang dialami Bethany dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua untuk tidak berlebihan atau menjadi kecanduan menggunakan tanning bed.

Berita Terkait

Berita Terkini