Info

Tanpa Disadari, 5 Kegiatan Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan, Kamu Pernah Coba?

Kamu pernah jalan di jalanan menurun?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Lari bersama anjing dalam melatih kekuatan fisik. (pixabay)
Lari bersama anjing dalam melatih kekuatan fisik. (pixabay)

Himedik.com - Banyak kegiatan yang tanpa disadari ternyata bisa membakar kalori dalam tubuh. Sebut saja saat lari cepat untuk naik kereta, mengejar bus atau membawa tas belanjaan besar.

Menurut studi yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, ada aktivitas fisik yang memiliki intensitas tinggi yang membawa manfaat bagi tubuh manusia.

"Ini bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan kesehatan," ungkap Emmanuel Stamatakis, profesor aktivitas fisik, gaya hidup dan populasi kesehatan di Universitas Sydney.

Nah, apa saja kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan tanpa kamu sadari? Berikut jawabannya yang telah dirangkum HiMedik dari Medical Daily.

1. Berjalan atau bersepeda dari parkiran

Aktivitas ini bisa membantu meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Berjalan juga terbukti efektif untuk meningkatkan manajemen hipertensi, kolesterol tinggi, nyeri atau kekakuan sendi dan otot, serta diabetes.

Jalan kaki. (shutterstock)
Jalan kaki. (shutterstock)

2. Berjalan menaiki tangga dengan langkah cepat

Dokter dan ahli kesehatan merekomendasikan menaiki tangga bisa mengurangi risiko kematian hingga 33 persen.

Hanya dengan menaiki tangga selama tujuh menit sehari dapat mengurangi risiko serangan jantung selama 10 tahun, sedangkan dua menit sehari sudah cukup untuk menghentikan kenaikan berat badan.

3. Berjalan cepat

Ini bisa membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Jalan cepat juga dapat memperkuat tulang dan otot dan meningkatkan suasana hati seseorang. Semakin cepat dan semakin sering orang berjalan, semakin besar manfaatnya.

Ilustrasi anak naik sepeda. (Unsplash/Raul Cacho Oses)
Ilustrasi anak naik sepeda. (Unsplash/Raul Cacho Oses)

4. Berjalan di suatu tempat menurun

Sebuah studi menemukan jalan menurun dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa yang mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

5. Jogging dengan anjing selama 30 hingga 90 menit

Kehadiran anjing bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar. Stamatakis mengatakan, aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kebugaran dan dapat membuat kegiatan yang berat terasa lebih mudah bahkan untuk orang yang kurang fit.

Berita Terkait

Berita Terkini