Info

5 Tips Cegah GERD, Sensasi Nyeri di Ulu Hati

Cegah nyeri dan sensasi terbakar di dada dengan langkah ini.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi GERD. (Unsplash/@Asdrubal luna)
Ilustrasi GERD. (Unsplash/@Asdrubal luna)

Himedik.com - Pernahkah kamu merasa sensasi seperti nyeri di ulu hati dan terbakar di dada? Kondisi seperti ini disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau Refluks Gastroesofagus

Ini terjadi akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Ada sejumlah perubahan gaya hidup yang dapat mengurangi risiko terkena GERD, dilansir dari medical daily.

1. Menurunkan berat badan berlebih

Obesitas adalah penyebab utama GERD, menurut Michael Vaezi, dari Vanderbilt University. Lemak tubuh ekstra dapat memberi tekanan pada perut, yang mendorong makanan dan asam ke atas.

Jika kamu kelebihan berat badan, bicarakan dengan dokter yang akan memberikan rencana penurunan berat badan untuk mengurangi berat badan dengan cara yang paling aman.

2. Jangan makan makanan pemicu GERD

Hindari makanan pedas, goreng, dan asam karena ini diketahui bisa memicu kondisi GERD. Minuman berkafein dan berkarbonasi juga termasuk dalam kategori ini.

Sementara itu buah jeruk, bawang putih juga merupakan pemicu lain. Salah satu tipsnya adalah mengunyah permen karet setelah makan karena akan menghasilkan lebih banyak air liur yang membantu menetralkan asam.

ilustrasi sakit ginjal - (Shutterstock)
Ilustrasi GERD. (Shutterstock)

3. Gunakan bantal lebih banyak

"Pastikan untuk berhenti makan setidaknya 60 menit sebelum tidur dan jika itu tidak berhasil, pertimbangkan untuk menopang kepala dengan bantal berlebih sehingga asam mengalir kembali ke perut," ungkap Tara Coleman, ahli gizi klinis.

4. Berhenti merokok

Ada beberapa alasan mengapa merokok secara efektif meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala GERD. Rokok bisa mengurangi produksi air liur dan dapat menyebabkan pergerakan garam empedu dari usus ke perut.

Sementara itu, batasi alkohol karena dapat meningkatkan jumlah asam lambung.

5. Hindari pakaian ketat

Mengenakan celana ketat mungkin akan membuat ini bertambah parah. Segala jenis tekanan di sekitar perut dapat mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.

Pastikan mengenakan ukuran yang tepat dan memakai pakaian longgar sesering mungkin. Perhatikan ikat pinggangmu karena memakainya terlalu ketat juga dapat menyebabkan gejala yang sama.

Berita Terkait

Berita Terkini