Info

Segera Hapus Foto Mantan Setelah Putus, Ini 5 Alasannya

Jangan sampai upayamu buat move on terhambat.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi putus cinta - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi putus cinta - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Putus cinta mungkin memang menyakitkan. Apalagi jika mantan pacar telah menemukan penggantimu.

Namun, terkadang kebiasaan selalu bersama di masa lalu membuat kita masih berharap untuk balikan. Padahal, pikiran seperti itu enggak baik buat kita.

Makanya, begitu kamu dan pacar sudah memutuskan untuk berpisah, segera hapus foto-foto mantanmu di media sosial. Ini 5 alasannya, menurut Cosmopolitan:

1. Fotomu dan mantan bikin kamu lupa alasan kalian putus

Menurut sebuah studi dari Dr Fox dan Dr Robert S Tokunaga tentang "Romantic Partner Monitoring After Breakups," mengawasi mantan di media sosial bikin "tekanan mental karena putus cinta lebih berat, lebih banyak perasaan negatif, lebih banyak hasrat seksual, lebih rindu, dan perkembangan diri lebih rendah."

"Kamu akan makin pengin balikan karena yang kamu lihat adalah saat-saat terbaikmu dengan mantan," kata Dr Fox. "Hubunganmu di masa lalu terlihat indah, dan jika kamu terus-menerus mengingatkan dirimu tentang itu, makan akan makin sulit untuk move on."

2. Foto kalian di masa lalu bikin teringat bahwa banyak orang mendukung hubunganmu dengan mantan

"Kamu mendapatkan penguatan sosial saat menjalin hubungan, sehingga sering melihat komentar dan likes dari teman-teman, keluarga pasangan, atau orang-orang yang bahkan tidak kamu kenal sebelum kamu bertemu dengan pasanganmu juga bisa bikin stres setelah putus cinta," kata Dr Fox.

Abaikan saja komentar emoji mata berbentuk hati di fotomu dengan mantan. Sekali putus, langsung hapus!

Ilustrasi putus cinta - (Pixabay/Imagine_Images)
Ilustrasi putus cinta - (Pixabay/Imagine_Images)

3. Pacar barumu akan mengira kamu belum move on

Bahkan jika kamu dan mantan sudah lama putus atas keinginan bersama, orang yang sedang dekat dengamu nanti bakal khawatir saat melihat fotomu bersama mantan.

"Saya akan bertanya padamu, mengapa kamu ingin menyimpannya (di profil Anda). Informasi apa yang akan didapat orang lain dari melihat foto itu?" ujar Dr Fox.

4. Bikin kamu gampang mencari tahu kehidupan mantanmu

Bahkan jika kamu sudah unfollow mantanmu di Instagram, jika akunnya masih ditandai di foto dalam profil medsosmu, tinggal mengklik, kamu bisa mencari tahu tentang kehidupannya yang sekarang. Dr Fox bahkan menyarankan kamu untuk menghapus aplikasi medsos di ponselmu untuk sementara.

"Jika kamu menghapus aplikasi itu dari ponsel, maka kamu harus menginstal ulang aplikasi, login, mengingat kata sandi, dan pada saat kamu harus melalui proses dan melakukan semua langkah itu, mudah-mudahan kamu sempat tersadarkan akan situasi yang sekarang," katanya

5. Enggak ada alasan yang bagus

Jika kamu pengin melihat foto-foto itu lagi suatu hari nanti, kamu bisa menyimpannya di hard drive.

"Bukan berarti foto-foto itu harus menghilang, kamu hanya perlu mengeluarkan mereka dari pandanganmu setiap hari jika kamu benar-benar ingin move on," tegas Dr Fox.

Membiarkannya terpampang di profil medsosmu, yang kamu cek berkali-kali, membuat usahamu untuk move on terhambat. Kalau kamu benar-benar ingin menjalani hidup dan terhubung kembali dengan teman-teman serta suatu hari siap untuk memulai hubungan baru, jangan biarkan sisa-sisa masa lalumu menghalangi.

Berita Terkait

Berita Terkini