Info

Susah Napas hingga 2 Tahun, Hidung Pria Ini Ternyata Ditumbuhi Gigi

Ngeri, ternyata gigi bisa tumbuh di hidung juga.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi hidung tersumbat - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi hidung tersumbat - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Seorang pria merasa sulit bernapas selama dua tahun. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata gigi tumbuh di hidung pria itu.

Diberitakan Live Science, Rabu (27/2/2019), selama dua tahun pria itu merasakan bahwa cuping hidung kirinya terasa pengap, basah, dan kehilangan kemampuan mencium bau.

Diagnosis bermula ketika pria 59 tahun tersebut periksa ke poli THT Aarhus University Hospital di Denmark. Di sana, hasil CT scan mengungkap adanya gumpalan yang tertutup lendir di rongga hidung bawahnya.

Para dokter langsung curiga bahwa pria itu memiliki kista dermoid, semacam kutil yang strukturnya seperti rambut, gigi, cairan atau kelenjar kulit, atau gigi di tempat yang tak semestinya.

Pria itu lantas segera menjalani operasi untuk menghilangkan benjolan misterius itu. Pemeriksaan kemudian menunjukkan ternyata ada gigi yang 'tersesat' dan tertutup jaringan hidung yang meradang.

Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Untuk mencabut gigi yang tumbuh di hidung pasiennya, dokter menggunakan forsep, seperti yang dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports.

Tak begitu jelas mengapa pasien ini mengalami kejanggalan di hidungnya, yang sangat jarang terjadi. Terkadang, gigi dapat tumbuh di hidung seseorang karena trauma atau infeksi yang memengaruhi kedua area tersebut.

Para penulis laporan ilmiah kasus ini menuliskan, masalah perkembangan seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing juga dapat menyebabkan gigi yang tidak sehat tumbuh di hidung.

"Dalam kasus kami, tidak ada penjelasan yang jelas," tulis para dokter. Pasien ini disebutkan telah mengalami trauma wajah di masa mudanya (rahang dan hidungnya retak), tetapi para dokter mengatakan, cedera ini tampaknya bukan penyebab gigi tumbuh di hidungnya.

Mereka menduga, gigi pria itu sudah ada sejak ia lahir, tetapi berbagai macam gejala baru ia alami ketika area tersebut meradang.

Berita Terkait

Berita Terkini