Info

Membawa Obat Batuk Sirup Dilarang di Negara Ini, Kenapa ya?

Hanya bawa obat kok dilarang?

Agung Pratnyawan | Yuliana Sere

Ilustrasi termometer dan obat batuk sirup. (Pixabay/Opal)
Ilustrasi termometer dan obat batuk sirup. (Pixabay/Opal)

Himedik.com - Ketika seseorang sakit, pastinya ia akan membawa sejumlah obat apalagi jika akan melakukan perjalanan jauh. Namun, bagaimana jika kamu dilarang membawa obat batuk sirup ke China?

Ya, seperti itulah peraturan yang diterapkan di negeri tirai bambu ini. Melansir dari worldofbuzz, kita dilarang membawa obat batuk sirup ke negara tersebut terutama yang mengandung codeine.

Codeine merupakan obat golongan analgesik opioid yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri ringan hingga berat.

Diberitakan bahwa untuk mencegah orang menyalahgunakan obat batuk sirup untuk dijadikan obat-obatan terlarang lainnya, para pelancong tidak boleh membawa obat batuk ke negara tersebut.

Pemberitahuan ini baru dikeluarkan bulan lalu pada 4 Januari 2019. Hal ini dikarenakan seorang pelancong ditangkap karena membawa narkoba dalam bentuk obat batuk.

Zheng, seorang turis saat ini sedang dalam tahanan setelah petugas bea cukai curiga bahwa ia menyelundupkan narkoba ke China melalui obat batuk sirup.

Ilustrasi obat anak. (pixabay/frolicsomepl)
Ilustrasi obat batuk. (pixabay/frolicsomepl)

Tidak jelas berapa jumlah yang dibawanya namun sebuah sumber mengatakan kalau dia hanya membawa satu botol.

Bahan-bahan dalam sirup batuk ini dapat diekstraksi dan kemudian dibuat menjadi metamfetamin yang ilegal.

Namun, jika masih tetap mau membawa obat ini, seseorang harus memberikan resep dokter yang membuktikan kalau obat batuk sirup itu untuk penggunaan sendiri.

Sementara itu, di Hongkong ada sejumlah pihak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menyelundupkan obat batuk sirup ke China yang mengandung Codeine dan Ephedrine Hydrochloride.

Karena itu, apoteker di Hongkong telah didesak untuk menyarankan konsumen agar tidak membawa sirup obat batuk ke China ketika mereka bepergian.

Berita Terkait

Berita Terkini