Info

Makan Malam tapi Masih Rasa Lapar, Kenapa ya?

Serin rasa lapar setelah makan malam?

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi kelaparan. (pixabay)
Ilustrasi kelaparan. (pixabay)

Himedik.com - Pernahkah kamu merasa lapar bahkan setelah selesai makan malam? Tentu kamu mungkin berpikir bahwa ini adalah hal yang tidak masuk akal.

Menurut Geraldine Georgeou, Ahli Diet Praktik yang Berakreditasi, ada sejumlah faktor yang bisa disalahkan dan semuanya dimulai dengan kebiasaan pagimu.

Berikut ini 6 alasan kamu masih merasa lapar padahal sudah makan malam, melansir dari mamamia.

1. Kamu melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan, makan siang ukuran kecil dan tidak ada camilan terutama di sore hari dapat menyebabkan kelaparan di malam hari. Ini membuatmu ingin makan makanan manis setelah makan malam.

2. Tidak ngemil sama sekali

Tidak mengemil sama sekali atau tidak memilih kudapan yang tepat dapat menyebabkan perubahan kadar glukosa sehingga nafsu makan semakin meningkat.

Makan yoghurt rendah lemak, buah segar, kacang, keju atau biskuit gandum bisa membuat kadar glukosa naik yang dapat merangsang rasa lapar berlebihan.

Ilustrasi ngemil. (pixabay)
Ilustrasi ngemil. (pixabay)

3. Dehidrasi

Jika kamu masih tidak puas setelah makan, cobalah minum segelas air dan tunggu 15 menit untuk melihat apakah kamu masih lapar.

Minum lebih banyak air sepanjang hari juga akan mengurangi risiko ngemil kompulsif atau makan ketika kamu sebenarnya tidak lapar.

4. Makan malam tidak lengkap

"Jika Anda tidak menjaga keseimbangan lemak sehat, protein tanpa lemak dan tanpa sayuran atau termasuk sayuran di setiap makan, Anda akan merasa tidak puas.

'Ini dapat menyebabkan risiko makan berlebihan dan pada akhirnya kenaikan berat badan," kata Georgeou.

5. Tidak cukup karbohidrat

"Banyak pasien saya yang mengonsumsi makanan tanpa karbohidrat yang menyebabkan mereka merasa lapar dan lesu. Akibatnya bisa menyebabkan ngemil makanan cepat saji saat tengah malam," katanya.

Usahakan masukkan karbohidrat ke dalam asupanmu.

6. Bosan

Bosan juga bisa menjadi salah satu alasan kamu ingin makan setelah makan malam. Saat menonton, kamu mungkin ingin memanjakan dirimu dengan camilan.

Berita Terkait

Berita Terkini