Info

Waspada Gejala Gagal Ginjal Kronis, Jangan Sampai Terlambat Ya!

Kabar baiknya risiko penyakit ginjal kronis bisa dideteksi lewat pemeriksaan sederhana.

Vika Widiastuti

ilustrasi sakit ginjal - (Shutterstock)
ilustrasi sakit ginjal - (Shutterstock)

Himedik.com - Sekitar 50 persen dari orang yang berusia 75 tahun ke atas berisiko mengalami penyakit ginjal kronis. Namun sayangnya, penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang khas pada tahap awal.

Bahkan disampaikan dr. Pringodigdo Nugroho Sp.PD-KGH dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia, penyakit ginjal kronis baru menimbulkan gejalanya jika sudah kehilangan 90 persen dari fungsi ginjal normal.

Namun kabar baiknya risiko penyakit ginjal kronis bisa dideteksi lewat pemeriksaan sederhana seperti tes urin.

"Gejalanya bisa berupa penurunan nafsu makan, urin berbuih itu yang terlihat. Tapi risiko bisa diketahui lewat tes urin secara rutin," ujar dia diberitakan Suara.com.

Penyebab utama dari penyakit ginjal kronis sendiri kata dr Pringgo dipicu oleh penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes melitus, riwayat keluarga dengan penyakit ginjal, obesitas, merokok hingga usia lanjut.

"Untuk menurunkan risikonya maka seseorang harus melakukan aktivitas fisik, gula darah harus dikontrol, berat badan ideal, mengatur asupan cairan, hindari merokok, jangan mengonsumsi obat-obatan sembarangan biasanya obat penghilang nyeri yang mudah dibeli bebas," imbuhnya.

Gejala gagal ginjal kronis harus diperhatikan. (Shutterstock)
Gejala gagal ginjal kronis harus diperhatikan. (Shutterstock)

Sebenarnya tambah dr Pringgo, seiring dengan pertambahan usia, fungsi ginjal terus menurun. Itu sebabnya tak heran jika penyakit ini lebih menyerang lansia dibandingkan dewasa muda.

Jika sudah parah, maka pasien gagal ginjal kronis harus menjalani beberapa terapi seperti dialisis atau cuci darah hingga transplantasi ginjal.

"Cuci darah itu mengalirkan darah pasien ke dialiser atau ginjal buatan dimana racun dan cairan dibuang. Mesin membantu mengairkan darah," tandas dia. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini