Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Selasa, 02 Juni 2020

Minuman Air Kaktus Bakal Ngetren di 2019, Apa sih Manfaatnya?

Sudah pernah dengar air kaktus belum?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
cloud_download Baca offline
Kaktus - (Pixabay/MonikaP)
Kaktus - (Pixabay/MonikaP)

Himedik.com - Setelah ngetren minuman teh hijau atau Matcha dan jus seledri, tak lama lagi akan muncul tren minuman air kaktus. Minuman ini digadang-gadang menjadi salah satu tren makanan terpopuler 2019.

Dilansir dari Women's Health, air kaktus berasal dari buah kaktus, atau lebih tepatnya konsentrat kaktus jenis Opuntia dan air.

''Rendah kalori (18 kalori per cangkir) dan mengandung 4 gram karbohidrat, tanpa tambahan gula, dan 159 miligram kalium,'' kata Dana Angelo White, seorang pelatih atletik bersertifikat dan penulis Healthy Instant Pot Cookbook.

Memang bukan minuman yang sarat akan khasiat, tetapi air kaktus bisa memberi manfaat lebih dari sekadar memuaskan dahaga. ''Saya menggunakannya untuk smoothie, atau untuk memasak ikan dengan teknik poaching,'' kata White.

Air kaktus juga bukan minuman bergizi tinggi. White mencatat, tidak ada banyak info atau penelitian tentang manfaat nutrisi air kaktus.

''Air kaktus tentu dapat membantu menghidrasi Anda, dan kandungan potasium di dalamnya dapat membantu mengisi elektrolit,'' katanya. ''Tapi itu mungkin tidak sebanding dengan harganya yang lumayan.''

Jika Anda ingin mencoba air kaktus, pilihlah produk yang tidak mengandung gula tambahan, atau setidaknya yang memiliki gula dalam jumlah yang sangat kecil, yakni sekitar 4 gram atau kurang dari itu.

Tanaman kaktus. (pixabay)
Tanaman kaktus. (pixabay)

Air kaktus juga bisa dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet keto karena rendah karbohidrat dan tidak mengandung gula tambahan.

White menyarankan dua merek produk air kaktus: Cali Water, yang memiliki varian rasa buah persik, beri, dan Opuntia liar, atau Truenopal, air kaktus asli di pasar.

Terkait

Terkini